Analisa Modal Usaha Beternak Cacing

Analisa Modal Usaha Beternak Cacing – Sementara itu, dalam sebuah usaha masalah yang utama setelah mampu memproduksi dengan baik adalah pemasaran. Hal yang patut, Adam syukuri adalah masalah pemasaran cacingnya tidak mengalami masalah. Para konsumen yang kebanyakan pemilik kolam pemancingan ikan berbondong-bondong mendatangi rumahnya untuk membeli cacing. Lalu pada tahun 2011, Dinas Perikanan Propinsi Jawa Timur memesan kepadanya satu ton cacing perbulan.

Analisa Modal Usaha Beternak Cacing

Analisa Modal Usaha Beternak Cacing

Adam menyadari jumlah produksinya tidak sebesar itu. Oleh sebab itu, untuk mencapai jumlah produksi sebesar satu ton dalam sebulan sesuai pesanan maka ia mengajak sejumlah tetangga dan orang-orang di sekitarnya untuk beternak cacing di rumahnya. Adam akan mengajari cara beternak cacing yang baik dan benar sampai berhasil. Pada mulanya orang enggan untuk bergabung menjadi mitranya. Setelah dibujuk dan dirayu serta diundang berkali-kali akhirnya banyak orang yang tertarik menjadi mitra usahanya untuk mencapai target produksi satu ton cacing selama sebulan.

Jumlah mitra usahanya yang beternak cacing sekitar 1600 orang dimana mereka tidak perlu pusing masalah pemasaran. Karena Adam sendiri yang siap membeli hasil panen cacing mereka. Akhirnya usaha ternak cacing yang digeluti Adam mampu mencapai produksi cacing sebesar 300 ton. Dari bisnis beternak cacing, pria yang murah senyum ini memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp.300 juta perbulan. Wow lumayan sekali. Penghasilan yang beratus kali lipat dari gaji seorang karyawan.

Analisa Modal Usaha Beternak Cacing

Kesimpulannya keberhasilan yang diraih oleh pria yang tampan ini dalam menjalankan usaha ternak cacing secara rumahan hanya bermodalkan uang sebesar Rp.200.000 untuk membeli indukan cacing dan membuat kotak kayu untuk peternakan cacing. Selain itu, modal usaha dalam bisnis beternak cacing adalah mengetahui cara beternak cacing yang baik, kegunaan cacing, dan pemasaran cacing.

Kesuksesan yang diraih Adam dengan penghasilan Rp.300 juta perbulan dari bisnis ternak cacing bukanlah proses yang instant. Namun semua itu harus melalui proses yang panjang, bekerja keras, ulet dan sabar serta pantang menyerah. Keberaniannya untuk usaha beternak cacing adalah pilihan tepat sekali. Adam bukan hanya berani beternak cacing dari sebelumnya beternak belut. Ia juga berani memilih jadi pengusaha dan keluar dari zona nyaman seorang karyawan.

Decak kagum masyarakat sekitar terhadap usaha peternakan cacing Adam membuat banyak media meliput rumah cacingnya. Dan pada sebuah program televisi swasta di Metro TV bernama Kick Andy yang dipandu Andy Noya, ia tampil sebagai seorang pahlawan yang dimulai dari nol sama sekali.

Pendek kata, modal usaha beternak cacing tidaklah besar. Dengan modal uang minim seseorang bisa menekuni ternak cacing. Demikianlah analisa modal usaha beternak cacing. Semoga berguna bagi pengunjung website modal usaha dot net.

Baca juga : Usaha Sampingan Seorang Karyawan Beternak Belut

Incoming search terms:

analisa ternak cacing (37) - modal budidaya cacing (34) - mitra usaha ternak cacing (33) - modal ternak cacing (32) - Analisa Budidaya Cacing (31) - kalkulasi ternak cacing (24) - modal ternak cacing tanah (21) - analisa usaha cacing (21) - modal usaha cacing (20) - keuntungan ternak cacing (20) - keuntungan ternak cacing tanah (20) - keuntungan budidaya cacing (19) - bisnis cacing kick andy (18) - analisis usaha ternak cacing (16) - analisa budidaya cacing lumbricus (14) - analisa usaha ternak cacing (13) - analisa biaya beternak cacing lumbricus (13) - modal awal ternak cacing (13) - modal usaha budidaya cacing (12) - analisa usaha cacing tanah (12) -
loading...
Analisa Modal Usaha Beternak Cacing | Author | 4.5