Analisa Modal Usaha Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Usaha ternak lele adalah usaha yang dapat dijalankan dengan modal yang sedikit. Banyak yang sudah menjalankan budidaya ikan lele ini karena sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk modal usaha. Menjalankan bisnis ini dilakukan dengan melakukan ternak lele menggunakan kolam terpal.

Bagi budidaya ikan lele pemula yang baru ingin memulai ternak ikan lele bisa mencoba menggunakan media kolam terpal. Untuk memulainya, persiapkan terlebih dahulu modal awal yang sangat menentukan keberhasilan bisnis ini. Modal awal yang perlu dipersiapkan harganya terjangkau dan mudah didapatkan.

modal usaha kolam terpal ikan lele

Seperti yang dijelaskan dalam website www.ikanlele.net kolam terpal adalah modal utama untuk menjalankan bisnis ini. Bagi peternak yang tidak memiliki lahan yang cukup luas tidak perlu khawatir, karena bisa menggunakan kolam terpal untuk melakukan ternak lele. Terpal sangat mudah didapatkan dan pemilik lebih mudah membersihkan kolam kapan saja. Selain itu, dibutuhkan alat tambahan seperti bambu dan paku yang tidak terlalu mahal untuk membangun sebuah kolam. Ukuran kolam terpal pun dapat dibuat dalam ukuran besar atau kecil, jika sewaktu-waktu ingin menambahkan bibit ikan lele untuk diternak.

Baca juga: Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Bibit ikan lele sangat diperlukan. Penggunaan bibit tidak boleh langsung dimasukan dalam kolam. Bibit tersebut harus dimasukan ke dalam ember dan ditambahkan air sedikit demi sedikit. Kesuksesan bisnis ikan lele tergantung dari kualitas bibit yang dipilih. Bibit yang dijual bermacam-macam. Bibit ikan lele ada dari harga yang murah hingga mahal, tergantung dari kualitas bibit ikan lele tersebut. Petani menjual bibit lele dalam ukuran gelas 1-2, 2-3, 4-6, dst. Bibit tersebut bisa dijual kembali dan pemilik bisa mendapatkan keuntungan.

Dalam memulai bisnis ini harus diperkirakan juga harga pakannya. Jenis pakan lele bermacam-macam dari pakan berjenis pelet, pakan tambahan, dan pakan alami. Makanan pelet terdiri dari 2 macam yaitu pelet mengapung dan pelet tenggelam. Jenis pakan pelet memiliki harga yang mahal dibandingkan pakan yang lain. Pelet mengapung membuat lele menjemput kepermukaan air sedangkan tenggelam membuat ikan berebut pakan di dalam kolam. Pakan tambahan yang bagus berbau daging seperti ayam tiren atau ikan murah yang dijual dipasaran. Pakan alami sangat mudah didapatkan seperti cacing sutera, cacing tanah, kutu air, jentik nyamuk dan lain-lain.

Contoh rincian modal ternak lele pada kolam terpal:

Biaya Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

2 buah terpal ukuran 2 x 65.000              : @Rp. 130.000,- Rp. 300.000,

Bambu                                                    : Rp. 50.000,-

Paku 1 kg                                               : Rp. 10.000,

Jumlah                                                         Rp. 360.000,-

Biaya Produksi Budidaya Ikan Lele

Bibit/benih 2000 ekor @Rp.2500,-             Rp. 500.000,-

Pakan :

Pakan Cacing Sutra 10 kg @Rp 6.000,-              Rp. 60.000,

Pakan / pelet 2Bal @Rp. 190.000,-                      Rp. 380.000,-

Biaya obat/lain-lain                                     Rp. 50.000,-

Jumlah   modal operasional                         Rp. 990.000,-

 

Jumlah modal awal                                               = Rp. 1.350.000

Itu adalah rincian modal awal yang dikeluarkan pada saat awal memulai bisnis ternak ikan lele. Untuk selanjutnya, pemilik hanya mengeluarkan 990.000,00 sebagai biaya operasionalnya setiap bulannya. Jika bisnis ini berhasil dan mampu menghasilkan ikan lele yang unggul maka modal awal akan kembali dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Bagi para pemula yang ingin melakukan ternak lele menggunakan kolam terpal bisa mempertimbangkannya melalui modal awal yang harus dipersiapkan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak lele ini tidak terlalu besar dan siapa saja bisa menjalankan bisnis ini. Modal awal tersebut sangat menentukan keberhasilan ternak lele yang ingin dijalankan.

Incoming search terms:

apa sajakah jenis jenis perhitungan biaya dalam melakukan usaha budidaya ikan lele (2) - Modal sosial budidaya ikan lele (2) - analisa pembesaran ikan lele menggunakan pakan pelet (1) - analisi biaya awal padaa usaha budidaya ele sistem kola terpal (1) - contoh biaya yang harus disiapkan oleh seorang pengusaha budidaya ikan (1) - kolam pembenihan ikan lele (1) - rincian budidaya lele dikolam terpal (1) - rincian modal buat 1 kolam ikan lele sangkuriang dikolam terpal (1) -
loading...
Analisa Modal Usaha Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal | | 4.5