Analisa Peluang Usaha Warung Makan Sederhana

Analisa Peluang Usaha Warung Makan Sederhana – Penulis tertarik untuk membuka bisnis warung makan atau cafe maupun restoran yang sederhana dengan lokasi di tengah sawah. Karena tempat ini akan sangat eksotis dan dikunjungi orang sambil rekreasi. Peluang usaha membuka bisnis warung makan sederhana ma

Analisa Peluang Usaha Warung Makan Sederhana

Analisa Peluang Usaha Warung Makan Sederhana

sih sangat menjanjikan mengingat kebutuhan manusia akan minum dan makan sebagai kebutuhan utama manusia setiap hari yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Berbagai cara dilakukan manusia untuk mengisi perutnya yang kosong seperti makan di rumah makan sederhana.

Namun penulis menyaksikan sendiri ada berbagai jenis usaha warung makan yang mengalami bangkrut dan ada yang tetap menguntungkan. Usaha cafe yang bangkrut bisa disebabkan keuntungan sangat rendah, penjualan kurang, masakan tidak lezat, basi dan lain sebagainya. Penyebab kerugian atau bangkrut sebuah usaha rumah makan bisa dipelajari secara baik.

Usaha rumah makan sederhana atau warteg sangat cocok dijalankan di kota dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. Namun persaingan bisnis restoran di kota sangat tinggi dengan berbagai keunggulan yang membuat warteg kecil harus bersaing esktra keras dengan cafe besar soal penjualan, promosi, merebut pangsa pasar dan lain sebagainya.

Namun penulis masih sangat menyayangkan masih ada beberapa restoran yang dikelola secara tak profesional. Misalkan makanan yang disajikan dalam keadaan basi yang bisa mengakibatkan muntah atau keracunan. Pastikan makanan tetap segar. Bila sudah basi harus dibuang karena itu sudah jadi resiko kerugian dalam bisnis warteg.  Bila tetap memaksakan diri menjual makanan dan minuman yang basi maka selain bisa dituntut hukum oleh konsumen, juga usaha cafe sederhana lesehan bisa sepi pengunjung.

Analisa Peluang Usaha Warung Makan Sederhana

Jika usaha restoran atau rumah makan sederhana kecil-kecilan dijalankan di desa juga masih sangat menjanjikan dikarenakan tingkat kompetitor yang sangat rendah. Misalnya di pedesaan terpencil di daerah penulis ada satu gerai usaha warung makan sederhana. Namun yang lebih menjanjikan adalah membuka usaha warung makan dengan nilai tambah pemandangan alam yang alami dan asri. Seperti buka usaha warung makan di tengah sawah.

Akan tetapi bagi masyarakat perkotaan mungkin saja pangsa pasar sangat besar karena banyak orang yang memiliki penghasilan besar dan sangat sibuk bekerja di kantor. Sehingga tidak sempat untuk memasak di dapur. Apalagi sekarang tumbuh budaya konsumerisme dan langsung makan secara praktis. Hal ini membuat usaha rumah makan atau cafe di perkotaan besar sangat menguntungkan.

Hal berbeda terjadi di pedesaan pelosok dimana kebanyakan penduduk adalah berpenghasilan rendah. Mereka seringkali membuat masakan sendiri di rumah. Dan mereka tidak sanggup membeli masakan di cafe atau warung makan warteg disebabkan daya beli yang rendah. Pangsa pasar usaha warung makan sederhana di desa sangat terbatas. Sehingga dalam satu wilayah desa biasanya ada satu gerai cafe yang berdiri.

Adapun pangsa pasar usaha warung makan sederhana di kampung terpencil pada umumnya adalah kalangan para pegawai negeri atau karyawan swasta yang ingin kumpul bersama sambil menikmati makanan yang lezat. Pendek kata, peluang bisnis restoran di kota lebih menjanjikan ketimbang di desa. Namun usaha warung makan di desa lebih bisa menguntungkan jika dikelola secara ciri khas desa. Misalnya konsep restoran memakai bambu di udara bebas, pemandangan terlihat jelas dan lain sebagainya.

Ada yang mengatakan usaha warung makan sederhana merupakan jenis usaha yang tidak akan pernah mati. Karena kebutuhan pokok manusia untuk makan setiap hari. Perkataan itu memang benar. tapi bisa juga salah. Dalam arti, usaha cafe menjadi bisnis tak akan mati selama dikelola secara baik, pangsa pasar yang luas dan moderen. Sebab sangat mungkin sebuah usaha warteg sederhana sepi pembeli di sebabkan banyak faktor. Misalkan masakan yang tak enak, tak segar, persaingan sangat tinggi dll.

Hal yang paling penting dalam membuka usaha warung makan selain harus memperhatikan konsep usaha seperti lesehan atau prasmanan, lokasi usaha, menu makanan dan minuman yang komplit, selanjutnya adalah promosi usaha. Adapun cara promosi usaha warung makan dapat ditempuh dengan mudah. Misalkan usaha kanvas membagikan brosur ke warung atau rumah penduduk sekitar, memasang spanduk di depan rumah makan sederhana milik sobat, memasang promosi usaha cafe sobat di internet, olx, jejaring sosial dan lain sebagainya. Analisa Peluang Usaha Warung Makan Sederhana

Baca juga :

Analisa Modal Usaha Membuka Usaha Warung Bakso

Incoming search terms:

bisnis buka warung hik di perkotaan (1) -
loading...
Analisa Peluang Usaha Warung Makan Sederhana | penulis | 4.5