Analisa Usaha Bisnis Ternak Kambing Jawa Potong Menguntungkan

Analisa Usaha Bisnis Ternak Kambing Jawa Potong Menguntungkan – Pada artikel sebelumnya, telah diceritakan bahwa Andi Nata mencoba mencari cara mendapatkan penghasilan untuk biaya berobat sang ayahanda tercinta yang mengalami kecelakaan. Biaya perobatan sebsar Rp 30 juta merupakan jumlah uang yang sangat besar baginya yang hidup dalam keadaan miskin. Oleh sebab itu, Andi Nata membuka usaha privat jasa bimbingan belajar kepada murid-murid SMA. Dalam kurun waktu tiga bulan, penghasilan yang ia dapatkan dari usaha bimbel privat mata pelajaran matematika dan fisika sekitar Rp 12 juta.
Analisa Usaha Bisnis Ternak Kambing Jawa Potong Menguntungkan
Untuk menambah kekurangan sebesar Rp 18 juta, Andi Nata mencoba membuka usaha ternak kambing dan domba. Adapun modal usaha ia dapatkan hasil pinjaman dari salah seorang kerabatnya. Ia membeli lima ekor kambing. Dengan rincian 1 ekor kambing jantan dan sisanya betina. Ternak kambing modal 5 juta rupiah.

Karena merupakan peternak kambing dan domba pemula yang sama sekali belajar dari nol maka pria supel ini mengalami berbagai kegagalan. Namun hal itu tidak membuatnya menyerah. Ia mengerti dalam bisnis ada resiko. Dan kegagalan merupakan jalur menuju kesuksesan. Selanjutnya karena wataknya yang supel, Andi pun berkenalan dengan pengusaha sukses ternak domba dan kambing yang berasal dari Jawa Tengah. Melalui peternak sukses ini, Andi belajar banyak hal cara beternak kambing dan domba pedaging sukses yang modern menguntungkan.

Banyak hal yang bisa Andi dapatkan dari pengusaha sukses ternak kambing dan domba garut ini. Ia mengenal seluk beluk bisnis ini sampai ke akar-akarnya yang sangat banyak. Oleh karenanya, selain beternak kambing dan domba yang menguntungkan, pria yang enerjik ini mencoba menjadi pengusaha peternakan kambing dan domba garut sesuai saran gurunya tersebut.

Analisa Usaha Bisnis Ternak Kambing Jawa Potong Menguntungkan

Dari 5 ekor kambing berjalan waktu beranak pinak. Hingga Andi mempunyai 15 anak kambing plus modal awal 5 kambing. Jadi sudah ada 20 ekor kambing yang dimiliki oleh Andi Nata. Fokus pria tampan ini memang untuk mengembangbiakkan kambing. Lalu setelah besar dijual Rp 2 juta per ekor kambing. Bagaimana mudah bukan bisnis ternak kambing?!

Namun untuk meraih sukses memang tidak mudah. Begitupula yang dialami oleh Andi Nata. Walaupun anak kambing telah berkembang biah, ia mengalami kesulitand dalam memelihara dan merawat anak kambing. Satu persatu anak kambing mati. Ia sama sekali tidak mengetahui penyebab kematian anak-anak kambingnya. Namun pria murah senyum ini menduga disebabkan kesalahan dalam memelihara anak kambing.

Praktis ia hanya memiliki sedikit kambing lagi atau kembali ke asal yakni ia hanya punya 5 ekor kambing. Kemudian seluruh kambing ia jual menjelang idul adha sebagai hewan kurban. Lalu uang yang ia dapatkan dibelikan lagi domba dan kambing. Andi beternak kambing dan domba lagi untuk dikembangbiakkan. Selanjutnya, kambing dan domba miliknya semakin bertambah banyak kemudian ia jual lagi ke pasaran. Begitulah selanjutnya perputaran usaha ternak domba dan kambing yang menguntungkan.

Untuk meningkatkan perkembangan usaha ternak kambing dan domba, Andi melakukan kerjasama bisnis ternak kambing bagi hasil dengan beberapa peternak di daerah Garut, Wonosobo dan kota lainnya di pulau Jawa. Kerjasama dalam menyediakan kambing dan domba yang hendak dijual. Dan juga sebagai mediator. Walaupun demikian, usahanya kadang berjalan tak mulus. Beberapa kali ia menderita kerugian hingga jutaan rupiah disebabkan dibohongi oleh para peternak rekan kerjasamanya. Namun hal itu tidaklah membuat ia jera. Ia terus belajar agar usaha ternak domba dan kambing untung besar.

Menurut Andi Nata, salah satu kiat sukses beternak sekaligus jadi pengusaha ternak kambing dan domba adalah mampu membangun relasi atau jaringan, bisa bergaul dengan baik kepada semua orang dan pandai bernegosiasi serta pintar melakukan inovasi. Hal itu merupakan jaminan usaha ternak domba dan kambing sukses dan untung besar.

Jaringan dan kenalan yang banyak memberikan keuntungan besar bagi bisnisnya.  Walaupuntelah sukses, Andi terus banyak belajar dari penjual gulai kambing keliling dan manajer restoran sehingga memunculkan ide untuk membuka usaha catering rumahan bagi yang membutuhkan jasa sate, domba guling atau gulai kambing untuk aqiqah. Usahanya bertambah besar dan omzet hingga miliaran rupiah pertahun.

Pria kalem ini kini tinggal hidup santai. Ia telah memiliki 20 orang pegawai yang mengurusi bisnis ternak daomba dan kambingnya. Lalu ia juga mempunyai satu buah mobil pick up, rumah mewah sebanyak empat unit, 8 sepeda motor terbaru dan mobil mewah satu unit. Semua harta benda tersebut didapatkan dari usaha peternakan kambing dan domba. Kalau dari hasil bekerja di kantor mustahil mendapatkan semua itu. Apalagi gajinya sangat terbatas.

Oleh sebab itu, Andi sangat bersyukur kepada Allah SWT. Tips sukses bagi sobat yang ingin menekuni usaha ternak kambing dan domba hingga jadi jutawan adalah mencobalah atau action. Dan jangan pernah menyerah. Kegagalan pasti akan dialami. Tapi teruslah belajar dari kegagalan hingga berhasil. Sebab buah dan kemanisan berasal dari banyak kegagalan. Tapi jika satu sudah berhasil maka selanjutnya akan sukses dan tinggal dikembangkan lagi lebih lanjut.

Saat ini penghasilan dari usaha ternak kambing dan domba mencapai Rp 5 miliar pertahun. Wow yang membuat pria ini tampil sebagai pengusaha ternak kambing dan domba yang berhasil dan inspiratif bagi banyak pemuda Indonesia. Jika ia bisa maka anda pun pasti lebih bisa lagi. Atas prestasi inilah Andi Nata diberikan gelar sebagai pengusaha dan wirausahawan muda terbaik di tahun 2017. Analisa Usaha Bisnis Ternak Kambing Jawa Potong Menguntungkan

Baca :

Peluang Usaha Di Desa Menguntungkan

Incoming search terms:

ternak kambing modal 5 juta (2) -
loading...
Analisa Usaha Bisnis Ternak Kambing Jawa Potong Menguntungkan | penulis | 4.5