Belajar Bisnis dan Berwirausaha dari Presiden Jokowi

Belajar Bisnis dan Berwirausaha dari Presiden Jokowi – Bapak Presiden Jokowi yang terhormat. Ijinkanlah saya untuk belajar bisnis dan berwirausaha karena saya adalah pelaku usaha pemula yang masih minim modal dan pengalaman. Bapak presiden Jokowi bisa menjadi presiden setelah SBY berkat kerja kerasnya. Dan ia pun memiliki pemikiran pemikiran brilian yang mampu mendobrak pemikiran hegemoni kekuasaan yang selama ini salah.

Belajar Bisnis dan Berwirausaha dari Presiden Jokowi

sumber : jawapos.com

Presiden yang terlihat santai ini bernama lengkap Joko Widodo. Adapun ia akrab disapa Jokowi. Tidak diketahui dengan jelas berapa harta kekayaan yang ia miliki saat ini. Namun ia pernah menjadi pengusaha meubel di tanah air yang sukses. Bayangkan ia membuka bisnis meubel dari nol hingga dapat mengekspor meubel ke luar negeri. Bukan hanya sukses di dunia bisnis tapi ia juga berhasil dalam dunia politik. Dimana karir politiknya dimulai dari walikota solo. Naiok tingkat hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dan sekarang menjadi Presiden RI.

Menurut Bapak Presiden Joko Widodo, dalam membuka suatu usaha tidak perlu modal. Yang penting adalah keberanian dalam membuka usaha atau jangan takut. Modal usaha berupa uang bisa dicari bahkan banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal uang dan modal kecil. Yang penting kita harus berpikiran bahwa modal usaha bukan hanya uang tapi juga pengetahuan, keterampilan, keahlian, strategi usaha yang bagus dan pengalaman dan skill itu juga merupakan modal.

Belajar Bisnis dan Berwirausaha dari Presiden Jokowi

Bagi anda yang penasaran, berikut ini tips sukses bisnis dan berwirausaha seperti diungkapkan oleh Bapak Jokowi, antara lain :

Inovasi

Menurut Bapak Presiden Jokowi bahwa untuk sukses berwirausaha dan bisnis, seorang harus melakukan inovasi terhadap barang yang dijualnya. Sehingga tidak membuat bosan konsumen dan produk senantiasa laku keras. Misalkan produk yang anda hasilkan itu itu saja maka anda harus melakukan inovasi baru baik dalam segi bentuk, rasa, tampilan, kemasan dan lain sebagainya.

Hal inilah yang menjadi kelemahan penulis dalam melakukan bisnis es krim camelo dimana tidak adanya inovasi. Sehingga jualan es krim camelo laris manis di awal usaha atau pada minggu pertama. Sedangkan di hari berikutnya sepi konsumen. Hal ini tak terlepas dari tidak adanya inovasi yang dilakukan agar konsumen tak bosan dengan produk yg ada.

Kerja keras

Inilah yang menjadi karakter dari Presiden Jokowo yaitu memiliki sifat kerja keras. Sehingga ia bisa sukses menjadi pengusaha meubel yang kaya raya. Selain itu, ia bisa menjadi Presiden RI mengalahkan kandidat kuat Prabowo Subianto. Menurut Jokowi, setiap bisnis dan wirausaha yang ingin sukses, maju dan kaya raya harus bekerja keras mengembangkan bisnisnya jadi lebih besar lagi. Tidak ada kesuksesan bisnis dengan cara berleha leha.

Tanpa adanya sikap kerja keras maka sebuah bisnis akan gagal dan berhenti di tengah jalan sebesar apapun modal usaha yang terdapat di dalamnya. Kerja keras merupakan karakter para pengusaha sukses. Maka jika anda ingin sukses dalam berbisnis, milikilah sikap kerja keras, ulet dan pantang menyerah. Itulah modal usaha pengusaha. Dan berjalan waktu pengusaha itu akan menjadi sukses. Percayalah!

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses dan kaya raya caranya sangat mudah. Kita harus bekerja keras dari subuh sampai subuh kembali. Kalau tidak mau demikian maka lupakan untuk menjadi seorang sukses dalam bisnis dan karir. Selain itu, cara sukses berwirausaha adalah mampu melihat peluang usaha sekecil apapun dan memanfaatkannya dengan baik. Sebab jika kita tidak action maka percuma saja. Dan orang lain yang bisa mengambil peluang usaha tersebut. Pendek kata, seorang pengusaha harus cepat memanfaatkan peluang bisnis menjadi aksi nyata.

Menghadapi Resiko dengan Baik

Yang namanya wirausaha dan bisnis pasti anda akan mengalami yang namanya hambatan dan kendala. Namun anda jangan takut. Selama anda kuat dan mampu mengelola resiko maka segala kendala bisa dihadapi. Ketika usaha rugi dan sepi konsumen maka bersabarlah dan tetap bersikap konsisten untuk memperluas pasar.

Baca :

Rahasia Sukses Berbisnis dan Dagang Ala Rasulullah SAW

Demikianlah pelajaran yang dapat diambil dari Presiden Jokowi. Belajar bisnis dan berwirausaha dari Presiden Jokowi sangat menyenangkan. Karena ia memang pakar bisnis disamping orang nomor satu di Indonesia.

loading...
Belajar Bisnis dan Berwirausaha dari Presiden Jokowi | penulis | 4.5