Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah

Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah – Semua telah berubah. Mall dan ritel sepi pembeli dan pengunjung. Hal ini dibuktikan dengan bangkrutnya Bandung Indah Plaza, Lotus dan Hypermart. Lalu apa yang membuat beberapa perusahaan ritel tersebut bangkrut? Selain karena jumlah pembeli yang sepi yang tak terlepas dari budaya belanja online yang mulai marak. Juga karena masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih untuk menahan uang mereka dari belanja. Mereka hanya membelikan uang mereka pada barang penting atau kebutuhan utama.

Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah Persaingan bisnis sangat kejam. Dan telah memakan korbannya yaitu bisnis ritel. Padahal dahulu usaha ritel berkembang pesat, untung besar dan anti krisis dengan keuntungan bersih sangat menjanjikan. Kini sebaliknya berbeda. Bisnis ritel sepi pelanggan. Sepi konsumen dan sepi pembeli. Yang mengakibatkan berbagai usaha ritel terpaksa tutup karena keuntungan tidak bisa menutupi biaya operasional usaha. Tragis. Perubahan.terjadi sangat cepat saat ini. Bukan hanya di Indonesia tapi juga negelara tetangga seperti Malaysia. Banyak orang yang menahan diri untuk belanja di ritel.

Salah satu yang disalahkan adalah penurunan daya beli masyarakat. Memang pemerintahan Jokowi JK berprestasi dalam pembangunan infrastruktur jalan. Namun kurang berprestasi dalam segi ekonomi. Masih banyak orang miskin di negeri ini. Bahkan orang miskin terus bertambah banyak seiring naiknya harga listrik bulanan dan naiknya berbagai kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan lapangan kerja sangat terbatas.

Penulis telah merasakan dunia bisnis dengan segala macamnya. Dari pengalaman, penuturan pelaku bisnis dan pengamatan penulis. Berdasarkan penuturan para pengusaha bahwa bisnis sekarang ini sedang lesu. Dan berdasarkan kenyataan dan pengamatan penulis saat ini sebuah gerai usaha bisa laku keras dan menguntungkan dengan omset besar. Namun keesokan hari bisa langsung sepi konsumen dan bangkrut. Disebabkan adanya pesaing dengan modal besar yang mengalahkan bisnis di sekitarnya.

Rhenald Kasali pernah menulis buku tentang change atau perubahan. Yang mengajak agar bisnis kita harus berubah agar tetap survive. Orang atau bisnis yang tak berubah maka bisnis itu akan mati. Dan sekarang terbukti dengan bisnis ritel yang lesu pembeli. Begitupula usaha toko elektronik secara fisik yang jarang sekali pembeli. Padahal dulu usaha toko barang barang elektronik laris manis. Hal tersebut tak terlepas dari berubahnya belanja masyarakat ke belanja online melalui ecommerce seperti bukalapak, tokopedia dll.

Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah

Sekarang anda harus melihat bisnis anda. Jangan monoton. Lihat ancaman usaha anda. Seperti usaha es krim camelo yang mendapatkan ancaman dari usaha sejenis dari produk wings. Lalu ancaman dari kompetitor terdekat. Dan lain sebagainya. Begitupula jika anda membuka bisnis kerajinan tangan yang laris dan mudah. Seperti kerajinan tangan dari kertas bekas daur ulang, kerajinan tangan dari jagung, kerajinan tangan dari plastik dll bisa laku keras di satu waktu. Kemudian esok hari tidak ada pelanggan. Semua itu tak terlepas dari adanya persaingan usaha yang sejenis dan saling menjatuhkan satu sama lain.

Baca :

Contoh Jenis Usaha dan Bisnis Anti Rugi

Bisnis kerajinan tangan yang laris adalah kerajinan tangan dari eceng gondok, kerajinan tangan sepatu dan sandal dari bahan daur ulang, kerajinan tangan mainan anak anak bersifat edukasi dari kayu dan lainnya. Pastikan anda menjual hasil kerajinan anda dengan harga terjangkau. Anda bisa saja menjual sepatu handmade tapi penjualan sedang saja dikarenakan harga yang mahal.

Berikut ini cara cara membuka bisnis kerajinan tangan yang laris dan mudah, antara lain :

  1. Tentukan jenis kerajinan tangan. Anda mau membuat kerajinan tangan apa yang anda kuasai? Apakah bahan baku tersedia? Jika di daerah anda banyak daun maka anda bisa membuat kerajinan tangan dari daun. Sebaliknya apabila di daerah anda banyak limbah kayu maka anda bisa membuat kerajinan tangan dari kayu. Dan apabila daerah anda banyak sampah maka anda bisa membuat kerajinan tangan dari daur ulang sampah plastik.
  2. Selanjutnya anda merekrut karyawan bagian produksi untuk membuat kerajinan tangan. Tawarkanlah sistem komisi atau pembelian dengan harga murah. Anda bisa merekrut tenaga kerja dari lingkungan keluarga, tetangga dan sanak kerabat
  3. Langkah terakhir adalah melakukan promosi secara offline dan online. Pastikan kerajinan tangan anda eksklusif yang bisa didapatkan hanya dari anda saja. Contoh media promosi online adalah olx,ads id dll. Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah

 

loading...
Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah | penulis | 4.5