Bisnis Rongsokan Botol Plastik, Kardus dan Plastik

Bisnis Rongsokan Botol Plastik, Kardus dan Plastik – Kesuksesan bisa dari arah mana datangnya. Keberhasilan tidak bisa diduga. Karena itu kuasa Allah SWT. Namun manusia wajib berusaha untuk sukses. Hasilnya tergantung Allah SWT. Kadangkala apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan kenyataan. Hal itu kuasa-Nya. Tapi selama manusia mau berusaha dan kerja keras mengubah nasib hidupnya pasti kesuksesan bisa diraih. Seperti halnya yang dilakukan oleh salah seorang pensiunan polisi yang bisa menjadi bos rongsokan dengan omset miliaran perbulan.

Bisnis Rongsokan Botol Plastik, Kardus dan Plastik Lalu yang jadi bahan pertanyaan adalah bagaimana langkah langkah memulai bisnis rongsokan dari awal sampai akhir bagi pemula dengan modal kecil? Caranya sangat mudah. Seseorang bisa mengumpulkan barang bekas atau rongsokan. Seperti plastik, kaleng, botol kaca, botol plastik, ketas, kardus, besi, kawat, dan barang berguna yang tak terpakai. Setelah terkumpul dalam jumlah banyak di tempat penampungan, selanjutnya mengangkutnya ke dalam sebuah mobil pick up terbuka atau truk.

Dengan demikian truk kontainer atau mobil pick up penuh dengan barang rongsokan seperti gunung. Yang di atas bagasinya terkumpul kaleng bekas, tumpukan dus, plastik, besi, timah, sepeda butut, cpu rusak dll. Truk atau mobil pick up tersebut berangkat menuju pabrik besar untuk dijual barang barang rongsokan tersebut. Dari pabrik pengolahan, barang rongsokan dilebur kemudian dibentuk jadi barang baru yang berguna lagi. Begitu seterusnya.

Bisnis Rongsokan Botol Plastik, Kardus dan Plastik
Pabrik pengolahan barang rongsokan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti di kota Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Tangerang dan kota besar lainnya. Sehingga jika anda sebagai pengepul barang rongsokan maka tak akan kesulitan dalam menjual hasil pengumpulan barang bekas. Apalagi harga barang rongsokan yang dijual lumayan tinggi.

Namun berdasarkan kenyataan yang ada. Tidak selamanya pelaku bisnis rongsokan kaya raya dan sukses. Banyak pelaku usaha barang bekas hidup miskin dan melarat. Hal ini disebabkan beberapa faktor. Seperti gaya hidup yang konsumtif sehingga keuntungan usaha rongsokan terkuras habis soleh gaya hidup yang royal. Selain itu, banyaknya karyawan membuat biaya operasinal usaha bisnis rongsokan membengkak sangat tinggi. Sedangkan keuntungan sangat kecil.

Sebenarnya sebelum barang rongsokan dijual kepada pabrik besar, harus disortir terlebih dahulu berdasarkan jenis yang sama. Penghasilan yang sangat besar dari bisnis rongsongkan membuat banyak orang tergiur masuk dalam bisnis rongsokan yang identik dengan kotor dan bau ini. Salah satunya pria yang bernama Kandeg yang dulunya berprofesi sebagai sopir angkot. Namun ia lebih memilih buka usaha jadi tukang rongsokan. Karena kerja santai untung besar.

Hal ini berbeda dengan usaha jadi sopir angkot. Dimana dalam satu bulan, ia bisa memperoleh untung Rp 500 ribu. Namun uang segitu tidak cukup membiayai kebutuhan hidup sehari-hari diri dan keluarganya. Oleh sebab itu, ia memilih untuk bekerja sebagai penyortir barang rongsokan. Dalam satu bulan, pria ramah dan murah senyum ini bisa menghasilkan pendapatan sebesar Rp 1 juta lebih. Apalagi biaya makan sehari-hari ditanggung oleh owner.

Penulis pernah menjumpai seorang bos rongsokan yang miskin. Sehingga untuk membayar cicilan kompor gas sebesar Rp 72 ribu perbulan sangat susah. Hal ini membuktikan bahwa jika anda ingin sukses dalam suatu usaha maka yang paling penting adalah orang yang menjalankannya. Bukan jenis usaha yang dijalaninya.

Baca juga :

Peluang Usaha Berbisnis Jualan Pakaian Bekas

Ayo bagi anda yang berminat bisnis rongsokan maka lakukanlah dari awal. Bisnis rongsokan botol plastik, kardus dan plastik sudah penulis utarakan. Sebenarnya dengan anda menjadi seorang pengusaha barang rongsokan kelas skecil, menengah dan kelas besar berarti anda turut serta dalam melestarikan alam. Sebab barang rongsokan adalah sampah. Jika dibuang maka dunia akan semakin kotor. Dengan adanya bisnis rongsokan maka sebuah benda yang tak terpakai menjadi bernda berharga.

loading...
Bisnis Rongsokan Botol Plastik, Kardus dan Plastik | penulis | 4.5