Cara Beternak Lele Yang Baik dan Benar

Cara Beternak Lele Yang Baik dan Benar – Anda bisa dengan mudah menjumpai gerai usaha yang berjualan lele. Namun masih banyak di daerah tertentu yang kesulitan untuk mendapatkan pasokan ikan lele. Cara paling mudah adalah memperoleh ikan lele di pasar tradisional. Mengapa kita membahas ikan lele? Karena ikan ini banyak dicari orang sebagai makanan olahan yang sangat nikmat dan disukai semua kalangan.

Cara Beternak Lele Yang Baik dan BenarPada awalnya penulis tidak pernah merasakan makan pecel lele di gerai warung pecel lele. Dikarenakan harga yang terbilang mahal saat itu sebagai pengangguran. Dan ketika bekerja di sebuah perusahaan kompor gas quantum di daerah Purwakarta maka penulis diajak makan oleh kepala cabang untuk makan pecel lele. Rasanya nikmat dan lezat yang mampu membuat kenyang perut. Adapun makanan yang tersedia berupa nasi, lalapan, tahu, sambal dan segelas air teh.

Banyak para penggemar ikan lele membuat gerai usaha beternak lele sangat menjanjikan. Hampir setiap hari ada saja yang meminta pasokan ikan lele konsumsi maupun bibit. Jika anda berada di kota maupun desa maka sangat tepat dan bagus untuk membuka usaha peternakan ikan lele. Sebab saat ini ditemukan cara beternak lele yang modern dan irit biaya yang menggunakan kolam terpal plastik.

Persaingan bisnis budidaya ikan lele masih lemah di beberapa daerah di Indonesia. Karena budidaya ikan lele tidak mudah. Bagi kalangan pemula, usaha beternak ikan lele akan mengalami kegagalan. Seperti yang dialami oleh para peternak lele di desa penulis yang mengalami bangkrut. Disebabkan ikan lele banyak yang mati, hilang dan lain sebagainya.

Cara beternak lele yang baik dan benar adalah menggunakan kolam terpal. Terlebih dahulu anda mempersiapkan kolam bagi ikan lele. Kolam lele bisa berupa kolam tanah, kolam tembok atau beton maupun kolam dari terpal. Sangat tidak dianjurkan membuka usaha ternak lele di dalam rumah. Karena kolam ikan lele akan mengeluarkan bau dan keruh. Peternakan ikan lele harus berada di luar rumah. Misalkan di kebun samping rumah atau di depan halaman rumah.

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan benih ikan lele yang ukuran kecil. Lalu tugas anda adalah membesarkannya dengan diberi pakan pelet alami atau buatan pabrik. Anda bisa membeli pakan ikan lele di toko pakan terdekat. Biaya pakan sangat memberatkan para peternak lele karena harga pakan lele yanh setiap tahun meningkat. Cara lain untuk menghemat biaya pakan adalah membuat pakan alami bagi lele berupa tumbuhan atau binatang.

Saat ini bisnis perikanan kurang berkembang di pedesaan. Namun sebaliknya dengan usaha ternak lele yang masih menjanjikan. Semua itu tergantung kepintaran kita untuk menghemat biaya pakan. Pakan ikan lele bisa dibuat dari bahan kotoran sapi. Yang penting kiat sukses ternak lele adalah biaya pakan yang minim dan kemampuan cara beternak lele yang baik dan benar.

Artikel lain :

Cara Memulai dan Modal Usaha Laundry Dari Nol

Kendala utama usaha ternak lele adalah adanya lele yang mati, kabur atau hilang. Namun kendala ikan lele mati jarang terjadi. Karena daya tahan ikan lele sangat kuat. Yang sering terjadi ikan lele hilang karena kabur atau dimakan binatang predator. Cara mengatasinya adalah melakukan kontrol seketat mungkin.

Harga bibit ikan lele sebesar Rp 300 per ekor. Anda bisa mendapatkannya di peternak ikan lele. Jika anda berada di daerah sumedang dan membutuhkan ikan lele maka kami siap melayani anda. Kami mempunyai peternakan ikan lele konsumsi dan lele benih yang dijual dengan harga terjangkau. Telepon saja 085220762707. Cara Beternak Lele Yang Baik dan Benar

loading...
Cara Beternak Lele Yang Baik dan Benar | penulis | 4.5