Cara Budidaya Belut Di Drum dan Lahan Sempit

Cara Budidaya Belut Di Drum dan Lahan Sempit – Anda tentu sudah mengenal belut. Berdasarkan penelitian kedokteran, belut mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi. Karena belut mengandung banyak vitamin yang menyehatkan dan protein tinggi untuk pertumbuhan manusia. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai makanan atau kuliner dari belut. Baik belut itu sendiri yang digoreng, direbus maupun makanan olahan belut.
Cara Budidaya Belut Di Drum dan Lahan Sempit
Di desa penulis juga merupakan pusat para peternak belut. Namun mereka mencari belut di sawah-sawah menggunakan alat tertentu. Dalam satu hari, seorang peternak bisa menghasilkan puluhan kilo belut. Sedangkan satu kilogram belut dihargai Rp 24 ribu. Hal ini menjadikan peluang bisnis budidaya belut sangat menjanjikan untuk dijalankan saat ini. Akan tetapi, kelemahan di pedesaan terpencil penulis adalah mendapatkan belut hanya lewat pemancingan bukan lewat peternakan.

Cara Budidaya Belut Di Drum dan Lahan Sempit

Persaingan usaha belut masih sangat langka di Indonesia. Di pasar minggu atau pasar dadakan sangat jarang ditemukan gerai usaha yang menjual belut. Hal ini membuat bisnis budidaya belut sangat menguntungkan. Apalagi beternak belut sekarang ini mudah sekali. Dimana budidaya belut bisa dilakukan di lahan sempit. Bahkan bisa tanpa lahan dengan cara menggunakan kolam sederhana. Dan bisa juga ternak belut menggunakan drum bekas. Dan cara lain sebagainya.

Penggemar belut lumayan banyak di Indonesia baik kota maupun desa. Sehingga anda tak akan kesulitan dalam mendapatkan pangsa pasar. Hal ini karena belut dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit dan bisa dijadikan makanan yang enak, gurih dan lezat teman nasi. Daging belut rasanya gurih yang setiap orang menjadi ketagihan. Beberapa jenis makanan ringan dari olahan belut menjadi populer dan trend seperti keripik belut, abon belut, dodol belut, dendeng belut dll.

Keuntungan usaha budidaya belut cukup menggiurkan. Dalam sekali panen, seorang peternak belut bisa memperoleh omset bersih sebesar puluhan juta rupiah. Seiring dengan kemajuan jaman, beternak belut tidak perlu repot memiliki lahan luas. Dengan lahan sempit dan terbatas, seseorang sudah bisa mulai budidaya belut yakni menggunakan halaman rumah sebagai lokasi usaha.

Jika anda kesulitan dalam membuka usaha budidaya belut karena tidak memiliki modal usaha maka anda bisa membuat proposal usaha belut. Kemudian dibagikan kepada pemerintah desa, investor dll untuk mendapatkan pinjaman modal usaha bahkan modal usaha gratis dari lembaga pemerintah dan swasta.

Halaman rumah bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam sederhana. Sama seperti kolam terpal bagi ikan lele. Pembuatan kolam di halaman rumah bisa memakai kolam tanah yang sederhana, kolam terpal, kolam drum atau tong sampah dan lain sebagainya. Anda bisa membuat beberapa kolam bagi belut. Semakin banyak kolam bagi belut maka semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan. Panen bisa dilakukan satu bulan sekali dengan banyaknya kolam belut yang terbuat dari terpal, kolam tanah, drum dll.

Bisnis budidaya belut bisa dijadikan usaha sampingan rumahan atau penghasilan utama. Namun saran penulis lebih baik menjadikan usaha beternak belut sebagai bisnis sampingan untuk menambah pemasukan keuangan keluarga. Apalagi bagi seorang pemula yang sangat rawan mengalami yang namanya kegagalan.

Anda bisa mencoba membuat kolam belut sebanyak 10 buah. Seiring berjalan waktu, jumlah kolam belut bisa ditambah secara bersusun gaya apartemen atau bertingkat. Pendek kata, kolam bagi budidaya belut bisa berupa sawah, kolam beton, kolam tembok, kolam tanah dan lain sebagainya. Bagi yang mempunyai modal keuangan yang banyak hal itu tidak menjadi masalah. Sebaliknya, bagi pemula yang modal minim sangat susah mendapatkan lahan kolam. Pilihan bisa membeli lahan atau menyewa kolam.

Drum yang bisa digunakan untuk budidaya belut adalah drum plastik bekas berwarna biru. Bukan drum kaleng. Untuk membeli drum plastik warna biru tersebut sangat mudah. Ada banyak gerai usaha yang berjualan tong plastik bekas tersebut. Misalnya di Bandung berada di Jalan Soekarno Hatta pinggir jalan raya. Gerai usaha jualan drum plastik bekas warna biru ditandai dengan banyaknya drum biru plastik dijual dengan harga murah meriah dari harga normal. Harga satu unit drum plastik sekitar Rp 150 ribu.

Baca :

Cara Sukses Memulai Bisnis Budidaya Kroto Rumahan

Drum plastik biru itu ternyata drum bekas penyimpanan bahan-bahan kimia. Sehingga jika anda hendak menggunakan drum plastik tersebut untuk kepentingan kolam belut maka cuci terlebih dahulu hingga bersih menggunakan sabun. Agar tak meracuni belut. Cara Budidaya Belut Di Drum dan Lahan Sempit

loading...
Cara Budidaya Belut Di Drum dan Lahan Sempit | penulis | 4.5