Cara Budidaya Padi Organik Panen Dua Kali Lipat

Cara Budidaya Padi Organik Panen Dua Kali Lipat – Pada waktu dulu jika petani sekali panen bisa menghasilkan satu ton gabah dari satu sawah. Namun kini keadaan berubah. Satu petak sawah sangat sulit mencapai panen hingga satu ton padi. Hal tersebut tak terlepas dari kontekstur tanah sawah sekarang berbeda dengan tanah sawah terdahulu. Ada yang mengatakan mungkin karena banyak menggunakan pupuk kimia sehingga sawah sekarang tanahnya kurang subur. Berbanding terbalik dengan jaman dahulu. Dimana hanya diberikan pupuk kimia secara sedikit saja maka tanah sawah dan tanaman padi sudah pada tumbuh subur. Apa yang salah? Keadaan dan kondisi yang berubah. Kini untuk mencari air bersih saja sulit di pedesaan tidak semudah dahulu.

Cara Budidaya Padi Organik Panen Dua Kali Lipat

Cara Budidaya Padi Organik Panen Dua Kali Lipat

Sekarang jika dilihat tanah di sawah tidak subur seperti dahulu. Walaupun tanah di sawah diberikan berbagai pupuk kimia dalam jumlah besar tetap saja produksi hasil panen padi terus menurun. Teknik inilah yang harus ditiru para petani padi lainnya untuk meningkatkan hasil panen padi. Dengan cara mendiamkan sawah selama satu musim untuk tidak ditanami pohon apapun. Kemudian pada masa kosong ini sawah diberi pupuk organik. Setelah itu dalam masa beberapa bulan, tanah di sawah akan kembali subur. Nah di saat masa tanam padi inilah awal bertani padi. Dengan strategi ini, para petani bisa panen padi dua kali lipat dari sebelumnya bahkan dapat panen padi mencapai satu ton gabah kering giling lebih.

Cara Budidaya Padi Organik Panen Dua Kali Lipat
Pendek kata, untuk meningkatkan hasil panen sawah padi seorang petani padi terlebih dahulu harus menyuburkan tanah di sawahnya dengan berbagai upaya. Seperti pemberian pupuk organik, dll. Fakta sekarang mengenai pertanian padi di Indonesia adalah semakin berkurangnya hasil panen gabah kering setiap kali panen. Hal ini disebabkan kebanyakan lahan sawah tidak subur seperti sedia kala. Karena sudah tercampur zat kimia. Seperti pupuk kimia, dan obat semprot kimia. Oleh sebab itu, jangan heran kalau sekarang banyak petani padi dan gabah kering mengeluh karena hasil panen gabah kering kian bekurang selama beberapa tahun terakhir.

Para petani padi di Indonesia sangat jauh tertinggal dengan para petani padi di negara luarnegeri. Misalnya Jepang menerapkan sistem pertanian moderen. Dimana satu orang petani diberikan hak menggarap sawah seluas satu hektar dengan dilengkapi peralatan pertanian moderen. Sehingga di negara lain seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia para petani padi disana kaya raya. Setiap kali musim panen untung ratusan juta rupiah. Tidak seperti di negara Indonesia. Para petani padi di negara luarnegeri sangat dianak emaskan. Mereka diberi lahan sawah yang luas oleh pemerintah untuk digarap, diberikan pupuk gratis dan penyuluhan pertanian padi secara gratis.

Padahal kalau dilihat secara seksama, para petani padi di Indonesia besar kemungkinan bisa sukses dan kaya raya dengan cara melek informasi mengenai cara pertanian padi moderen. Misalnya mencari informasi tersebut Cara Bertani Padi Panen Dua Kali Lipat melalui media internet. Tirulah cara merawat padi yang sukses dan baik serta benar yang dilakukan oleh para petani yang telah sukses dan kaya raya. Terakhir, pesan penulis bahwa untuk meningkatkan kesuburan tanah sawah sangat mudah. Yakni dengan cara memberikan pupuk organik pada sawah tersebut. Selain itu, budidaya padi organik bisa dilakukan di lahan terbatas seperti media polybag.

Itulah cara budidaya padi organik panen dua kali lipat.

Artikel terkait :

Cara Menanam Padi Yang Benar Supaya Panen Melimpah

Incoming search terms:

Padi organik (91) - cara menanam padi organik (34) - Pertanian Padi organik (26) - cara tanam padi organik (22) - tanam padi organik (22) - budidaya padi organik (21) - cara budidaya padi organik (17) - menanam padi organik (11) - petani padi organik (6) - cara bertani padi organik (5) - Sawah organik (5) - cara bertanam padi organik (4) - panen padi organik (4) - cara tanam padi di jepang (4) - cara menanam padi organik yang benar (4) - tanaman padi organik (4) - cara menjemur padi organik (3) - cara menanam padi organik yang baik (3) - cara mengembangkan bisnis pertanian padi organik (3) - bisnis pertanian padi (3) -
loading...
Cara Budidaya Padi Organik Panen Dua Kali Lipat | Author | 4.5