Cara Membuka Usaha Kecil Tanpa Modal

Kelihatan judulnya sangat ekstrim, cara membuka usaha kecil tanpa modal. Tapi kenyataan membuktikan bahwa banyak bisnis kecil-kecilan yang bisa dimulai tanpa modal. Penulis sudah puluhan tahun menekuni bisnis dan profesi sebagai karyawan. Dan kini menyadari bahwa memulai suatu bisnis kadang tak perlu modal. Yang diperlukan adalah kepintaran kita mengolah sesuatu menjadi uang tanpa mengeluarkan modal.
Cara Membuka Usaha Kecil Tanpa Modal
Namun cara membuka bisnis tanpa modal hanya bisa dilakukan oleh seorang profesional yang sudah berpengalaman. Bagi seorang pemula masih sangat rawan terjadi kegagalan. Namun semua kegagalan itu akan membuat tambah kuat. Sehingga kelak bisa berhasil dalam membuka usaha tanpa modal. Indahnya bisnis tanpa modal karena kita tak perlu mengeluarkan uang tapi mempunyai penghasilan uang.

Salah satu contoh bisnis tanpa modal adalah menjadi makelar atau perantara. Jika ada barang yang hendak dijual maka anda bisa berperan sebagai penjual. Dan harga jual barang tersebut lebih tinggi supaya keuntungan bagi anda. Pada dasarnya semua bidang bisnis seperti properti, usaha makanan dan minuman bisa dijadikan bisnis tanpa modal.

Cara Membuka Usaha Kecil Tanpa Modal

Seperti halnya bisnis dropship yang populer akhir-akhir ini merupakan salah satu contoh jenis bisnis tanpa modal. Kita tak perlu menyetok atau membeli barang. Modal kita hanyalah internet, modem, laptop dll. Tugas pekerjaan kita hanyalah mencari konsumen. Jika ada pembeli maka kita akan mendapatkan uang. Sedangkan pengiriman barang langsung dari pihak konveksi atau produsen barang tersebut ke alamat konsumen atau pemesan.

Bisnis tanpa modal sangat cocok dijalankan oleh seorang yang tidak mempunyai modal atau modal keuangan sangat terbatas. Namun modal bukan hanya berupa uang tapi yang lebih penting adalah kemampuan, skill, pengalaman, keahlian dan lain sebagainya. Uang akan menyusul jika anda mempunyai pengalaman dan keterampilan.

Akan tetapi berdasarkan kenyataan penulis di lapangan setelah mengalami suka dukanya bisnis bahwa sebuah bsinis yang berkembang haruslah mengeluarkan modal usaha. Misalnya penulis ketika hendak membuka usaha jualan gas elpiji 3 kg melon sebagai pengecer harus membeli tabung sebanyak 8 unit kepada saudara penulis. Modal usaha buka usaha gas elpiji 3 kg untuk pembelian 8 unit tabung gas sebesar Rp 600 ribu.

Lalu untuk membuka usaha bisnis es krim diperlukan modal usaha yakni membeli paket usaha sebesar Rp 300 ribu. Paket usaha coba-coba itu anda akan mendapatkan fasilitas sprayer, cara pembuatan es krim camelo, serbuk es krim, banner promosi, lem tembak, dan lain sebagainya. Jika anda berminat untuk menekuni bisnis es krim maka anda bisa membeli bubuk es krim pada kami seharga Rp 75 ribu perdus atau 240 sachet.

Ada lagi bisnis tanpa modal kecil-kecilan yang bisa dilakoni oleh seseorang yakni membuka usaha jasa penulisan artikel online di internet. Namun semua itu memerlukan modal usaha berupa laptop, modem, kartu paket internet dan laian-lain. Akan tetapi, semua itu bisa dijalanakan dengan kita meminjam modal barang tersebut kepada sanak kerabat.

Baca juga :

Contoh Usaha Kecil Kecilan Paling Laris Saat Ini

Berdasarkan fakta yang ada bahwa sebuah usaha akan semakin berkembang menjadi bisnis apabila didukung oleh modal usaha yang memadi. Jadi anda jangan berharap melulu untuk melakukan bisnis tanpa modal. Keluarkan modal dengan bijak untuk mengembangkan bisnis anda. Pastikan modal dikeluarkan akan balik lagi. Caranya dengan memperhitungan dan merencanakan dengan matang. Yang meliputi mengetahui prospek usaha, cara penjualan barang yang laris manis, mengetahui cara pemasaran dan lain sebagainya.

Demikian Cara Membuka Usaha Kecil Tanpa Modal. Semoga bermanfaat bagi ansa sekalian. Selamat berbisnis dan mudah-mudahan berhasil.

loading...
Cara Membuka Usaha Kecil Tanpa Modal | penulis | 4.5