Cara Memulai dan Modal Usaha Laundry Dari Nol

Cara Memulai dan Modal Usaha Laundry  Dari Nol– Usaha laundry masih menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menjumpai berbagai gerai usaha laundry terutama di dekat perumahan, daerah perkotaan, sekitar kost kostan, di pedesaan dan lain sebagainya. Ada beragam konsep usaha laundry yang dijalankan seperti laundry tradisional, laundry waralaba hingga laundry keliling. Bagaimana anda tertarik untuk membuka usaha laundry kiloan atau satuan secara rumahan?

Cara Memulai dan Modal Usaha Laundry Dari NolKebutuhan untuk berpakaian merupakan kebutuhan utama manusia. Manusia ingin selalu tampil menarik dan keren serta bersih dan rapi. Namun semua itu memerlukan jasa laundry. Seringkali di tengah jaman yang serba praktis, modern dan serba cepat seseorang ingin praktis dalam mencuci pakaian dan merapikan pakaian. Waktu sangat berharga ketimbang menghabiskan waktu untuk mencuci pakaian. Akhirnya mereka memutuskan mencuci pakaian dilemparkan ke jasa laundry. Dan mencuci pakaian di gerai usaha laundry seolah jadi gaya hidup manusia modern abad ini.

Baca :

Jajanan Paling Laris Saat Ini Bagi Anak Sekolah

Inilah yang menimbulkan peluang usaha jasa cuci pakaian sekaligus jasa setrika pakaian yang sekarang disebut jasa laundry. Usaha ini sebenarnya sudah muncul sejak lama. Namun masih secara tradisional dan muncul di desa dan kota. Yaitu seorang tukang buruh cuci dengan harga sekali cuci pakaian sampai Rp 10 ribu. Di kota juga disamakan dengan jasa buruh pembantu rumahtangga yang diharuskan mencuci pakaian dan menyetrikanya. Namun kini bisnis laundry dijalankan secara modern dan waralaba mengingat permintaan pasar yang sangat besar.

Jika anda berminat untuk membuka usaha laundry maka ada dua pilihan yang bisa sobat tempuh yaitu buka usaha jasa laundry mandiri dan buka usaha jasa laundry waralaba. Kalau membuka usaha jasa laundry brand sendiri maka modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil. Bahkan anda bisa menjalankannya tanpa modal. Dengan cara menggunakan sumber daya yang anda miliki yaitu mesin cuci dan setrika.

Namun jika anda mempunyai modal uang besar dan tidak mau ribet dengan proses merintis usaha maka usaha laundry secara franchise bisa menjadi pilihan tepat. Namun biaya modal usaha lumayan besar hingga ratusan juta rupiah yang meliputi pembelian mesin cuci canggih, setrika, bahan parfum, pembersih pakaian, alat promosi usaha dll.

Cara Memulai dan Modal Usaha Laundry  Dari Nol

Yang penting untuk sukses dalam bisnis laundry kiloan atau satuan secara rumahan adalah mempunyai niat untuk bekerja dan menghasilkan uang. Selanjutnya membuka usaha laundry di tempat strategis. Berikutnya menawarkan jasa laundry dengan harga lebih murah dari pesaing. Tempat yang strategis bagi usaha laundry adalah di dekat kampus, dekat kost kostan dan rumah kontrakan, dekat pusat perkantoran, sekitar perumahan padat penduduk dan lain sebagainya. Tempat strategis yang banyak pangsa pasar utama yang dibidik.

Kiat sukses bisnis laundry adalah mendapatkan sebanyak mungkin konsumen. Caranya dengan promosi usaha laundry yang anda jalankan secara gencar. Misalkan anda mulai promosi usaha laundry dengan tetangga, teman, anggota keluarga dan kenalan. Semakin gerai usaha laundry sobat dikenal banyak orang maka semakin banyak pelanggan.

Yang penting setelah anda mendapatkan konsumen adalah melakukan service atau pelayanan yang memuaskan. Sehingga konsumen bersedia menjadi pelanggan tetap.

Saat ini berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, persaingan bisnis laundry sangat ketat. Namun tetap prospek cerah. Mengingat pasar yang sangat luas. Anda bisa membuka usaha laundry secara rumahan atau menyewa tempat di lokasi strategis. Jika modal keuangan yang anda miliki sangat minim maka anda bisa membuka usaha laundry secara rumahan dengan memanfaatkan mesin cuci di rumah.

Sebaliknya jika anda mempunyai modal besar maka anda bisa membuka usaha laundry di tempat strategis untuk menyewanya dan mempekerjakan seorang karyawan bagian administrasi dan pencucian serta pengiriman. Cara Memulai dan Modal Usaha Laundry  Dari Nol

Incoming search terms:

cara memulai usaha laundry (1) -
loading...
Cara Memulai dan Modal Usaha Laundry Dari Nol | penulis | 4.5