Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Mahasiswa

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Mahasiswa – Membahas mengenai cara mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah, lembaga non profit, perusahaan swasta dan lain sebagainya sangat menyenangkan. Dengan mempunyai modal usaha maka kita bisa mulai membuka suatu usaha. Namun seperti yang diajarkan oleh Presiden Jokowi bahwa dalam memulai suatu bisnis mutlak diperlukan modal usaha uang. Modal usaha yang utama adalah strategi bisnis yang baik, keterampilan, pengalaman dan lain-lain.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Mahasiswa

sumber : ayopreneur.com

Banyak cara dilakukan oleh orang yang hendak membuka suatu usaha untuk mendapatkan modal usaha. Ada dua jenis modal usaha yakni modal usaha gratis dan modal usaha yang tidak gratis alias bersifat pinjaman. Namun yang lebih banyak dicari orang adalah modal usaha yang bersifat gratis baik berupa dana hibah dari pemerintah maupun pemberian dari orang lain. Cari modal usaha gratis menjadi sebuah kalimat bagi calon pebisnis untuk mendapatkan modal usaha.

Sebenarnya banyak cara untuk cari modal usaha gratis. Dan ini memang ada. Penulis telah membuktikan. Untuk mendapatkan modal usaha gratis bisa berasal dari dua sumber yakni dari sumber lembaga pemerintah, dan lembaga swasta yang bersifat sosial seperti perusahaan. Lebih baik tentu anda mendapatkan modal usaha gratis dari dua lembaga tersebut. Boleh boleh saja asalkan anda mengetahui ilmu dan caranya.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Mahasiswa

Banyak cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Ini biasanya bersifat gratis. Ada banyak kementerian, dinas dan lembaga di pemerintahan yang konsisten mengucurkan bantuan modal usaha kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkannya. Seperti Kementerian Koperasi dan UKM yang pernah mengadakan program penciptaan satu juta pengusaha baru. Di akhir acara para peserta diberikan modal usaha gratis minimal satu juta rupiah.

Hal ini membuat banyak orang penasaran bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari kementerian koperasi dan ukm? Caranya sangat mudah. Anda sering saja datang ke kantor Kementerian koperasi dan UKM terdekat. Bisa juga anda mengakses situs resminya. Bisa pula anda mendengarkan media elektronik dan media cetak. Hal itu dilakukan untuk mengetahui acara dan program apa yang sedang dilakukan oleh kementerian tersebut. Acara yang dilakukan kementerian koperasi dan UKM tidak akan jauh dari pemberdayaan koperasi dan ekonomi. Sehingga di akhir acara akan ada santunan bantuan modal usaha berupa uang atau barang.

Jika kita melihat saat ini sudah banyak lembaga penyedia modal usaha. Tidak seperti dulu. Sulit sekali untuk mendapatkan modal usaha. Paling banter hanyalah bank. Namun saat ini lembaga penyedia modal usaha bukan hanya bank. Tapi bisa juga yayasan, donatur dan lain-lain yang tersedia banyak baik secara offline maupun online.

Mencari modal usaha dalam Islam memang ada. Rasulullah SAW melarang seorang muslim untum meminta minta. Beliau bersabda bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Makan hasil keringan sendiri lebih baik dari makan dari hasil keringat orang lain. Oleh sebab itu, ketika ada seorang muslim yang meminta minta setiap hari maka Rasulullah SAW memberinya modal kapak untuk mencari kayu bakar. Lalu kayu bakar tersebut dijual di pinggir jalan. Pendek kata, modal usaha yang utama dalam Islam adalah peralatan dan perlengkapan usaha.

Bagi masyarakat miskin yang tidak punya apapun sangat berat untuk mendapatkan modal usaha dari bank. Karena bank mensyaratkan jaminan. Namun berkat ide kreatif presiden Jokowi lahirlah dana KUR atau kredit usaha rakyat. Dimana pelaku usaha kecil bisa meminjam uang di bank tanpa jaminan. Sebab pemerintah yang bertindak sebagai penjamin. Namun kenyataannya bisa berbeda. Bank ketakutan uang pinjaman tak kembali. Kalau berhubungan dengan uang sangat manis. Tapi pembayaran sangat pahit. Hal inilah yang membuat banyak kredit macet. Bank tidak ingin rugi.

Baca :

Belajar Bisnis dan Berwirausaha dari Presiden Jokowi

Dan terakhir bagi mahasiswa yang mau membuka suatu bisnis maka cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa sangat gampang. Anda bisa mengajukan beasiswa untuk mendapatkan uang. Kemudian uang beasiswa dapat digunakan sebagai modal usaha disamping membiayai perkuliahan. Selanjutnya, sobat bisa mengajukan proposal usaha yang kemudian diberikan kepada rektor, fakultas, jurusan dan rekan mahasiswa lain untuk mendapatkan bantuan modal usaha secara gratis.

Incoming search terms:

cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa (2) - cara mendapatkan dana usaha mahasiswa dari pemeribtah (1) -
loading...
Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Mahasiswa | penulis | 4.5