Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah

Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah – Salah satu hal yang sering dikeluhkan sebagian besar orang ketika hendak memulai sebuah usaha adalah tidak punya modal usaha. Hal ini disebabkan untuk membuka sebuah usaha membutuhkan modal yang banyak sekali. Seperti modal keterampilan, modal keahlian menjual, modal kemampuan dalam proses produksi dan terutama modal uang yang cukup besar.
Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah
Kalau hal ini terjadi pada anda berarti bukan anda sendiri saja yang mengalaminya. Ada beratus juta orang yang mengalami hal serupa seperti anda. Oleh sebab itu, jika anda mengalami kesulitan mendapatkan modal usaha maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh modal usaha. Sumber modal usaha baik secara prorangan, kelompok, lembaga swasta, lembaga pemerintahan hingga bantuan dari luar negeri.

Salah satu cara mendapatkan modal usaha gratis adalah mengajukan proposal usaha ke pemerintah. Mengapa pemerintahan Indonesia suka membagi-bagikan modal usaha gratis dan pinjaman lunak? Hal ini tak terlepas dari tugas pemerintahan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia baik secara ekonomi maupun batin. Salah satunya memberdayakan ekonomi masyarakat miskin dengan membuka sebuah usaha yang mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah

Bantuan dana hibah dari pemerintah telah banyak dinikmati sebagian masyarakat Indonesia. Anda jangan pernah ketinggalan. Karena berbagai lembaga pemerintah seperti kementerian dan dinas tertentu mempunyai alokasi anggaran untuk pemberian modal usaha gratis kepada masyarakat yang kurang mampu, pengangguran dan miskin.

Seperti yang dialami oleh penduduk di kampung terpecil penulis yang mayoritas pemudanya mengikuti pelatihan usaha dan pelatihan kerja di Dinas Sosial. Di cabang dinas sosial mereka mendapatkan berbagai pelatihan menjahit, pelatihan memasak, training tata rias, pelatihan otomotif, dan lain-lain. Selepas lulus dari pelatihan tersebut selama satu minggu, mereka mendapatkan bantuan modal usaha gratis sebesar Rp 1 juta untuk bekal membuka usaha di desa dan kampung halaman.

Memang lebih baik menggunakan modal sendiri dan uang sendiri untuk memulai sebuah usaha. Tapi jika anda kesulitan modal usaha dan minim pengalaman berbisnis maka sangat tepat mengadakan berbagai pelatihan dari berbagai kementerian dan dinas pemerintahan. Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, Kementerian Koperasi dan UKM seringkali mengadakan acara pelatihan usaha dan pelatihan kerja gratis dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Baca juga :

Cara Enteng Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Untuk mengetahui adanya informasi pelatihan kerja dan pelatihan usaha gratis di kementerian dan dinas pemerintahan maka anda bisa mengakses di internet, mendengarkan informasi di media cetak lokal dan nasional, mendengarkan media elektronik lokal dan nasional, dan anda bisa juga mendatangi lembaga dan dinas tersebut untuk mengetahui kejelasan kapan adanya kursus dan pelatihan gratis kerja dan bisnis di lembaga tersebut.

Namun bagi anda yang ingin mencari jalan tenang dan santai maka bisa mengajukan proposal modal usaha kepada berbagai kalangan. Seperti perorangan, kelompok, lembaga, donatur, dan badan pemerintahan. Namun kadangpula lembaga pemerintahan meminta bantuan modal kepada masyarakat luas. Jadi masalah modal keuangan, antara pribadi dan kelompok ataupun lembaga sama-sama membutuhkan.

Karena setiap lembaga pemerintah seperti kementerian dan dinas mempunyai anggaran setiap tahun untuk pembagian modal usaha gratis. Anda bisa mendapatkan modal usaha dari lembaga pemerintah dengan cara mengajukan proposal usaha ke pemerintah. Cara mengajukan proposal usaha ke pemerintah sangat mudah yaitu anda menyerahkannya ke lembaga yang dituju. Tak lama kemudian, mereka akan melakukan survey bahkan bisa saja langsung memberikan bantuan modal usaha gratis kepada anda dengan syarat-syarat tertentu. Namun alangkah baiknya, anda mempunyai kenalan di lembaga pemerintah tersebut untuk memluluskan anda memperoleh modal usaha gratis dari pemerintah.

loading...
Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah | penulis | 4.5