Daftar Bantuan Dana Gratis Untuk Modal Usaha

Daftar Bantuan Dana Gratis Untuk Modal Usaha – Modal usaha merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah usaha. Baik usaha yang sedang dirintis atau telah dibuka. Terutama modal uang untuk membeli berbagai peralatan dan perlengkapan usaha, belanja bahan baku, sewa lokasi usaha dan lainnya. Namun seringkali seseorang kesulitan dalam mengakses permodalan usaha. Oleh sebab itu, sekarang ini penulis akan membahas mengenai cara mendapatkan modal usaha gratis dari lembaga pemerintah di tahun 2017 saat ini.
Daftar Bantuan Dana Gratis Untuk Modal Usaha
Pemerintah Indonesia melalui kepanjangan tangannya seperti kementerian dan dinas sosial menyadari bahwa UKM merupakan jenis usaha yang sangat penting bagi perekonomian bangsa dan negara. Pada tahun 1998 di saat terjadi krisis ekonomi dan moneter berbagai perusahaan besar jatuh bangkrut, sedangkan usaha kecil dan menengah masih bisa eksis sekararang ini. Sehingga disebut juga UKM sebagai fondasi ekonomi bangsa Indonesia. Oleh karenanya, pemerintahan sangat memperhatikan dan peduli terhadap perkembangan usaha kecil di tanah air.

Ada banyak cara dilakukan oleh pemerintah, kementerian dan badan sosial untuk memajukan UKM di Indonesia. Seperti mengadakan pelatihan usaha dan manajemen bisnis secara gratis, training kewirausahaan, pemberian modal usaha secara gratis, kursus pembekalan usaha dan pelatihan kerja dan lain sebagainya. Salah satu hal yang cukup penting dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia adalah pemberian modal usaha gratis kepada calon pengusaha kecil dan UKM di desa dan kota.

Bentuk lain kepedulian pemerintah adalah mengeluarkan program kredit usaha rakyat atau KUR tanpa jaminan dengan angsuran ringan. Diharapkan dengan bantuan modal usaha baik pemberian modal usaha gratis yang disebut dana hibah atau pinjaman lunak maka UKM di Indonesia dapat tumbuh berkembang lebih maju, lebih menguntungkan dan dapat bersaing dengan produk lain secara lokal, nasional, global hingga internasional.

Pemberian bantuan modal usaha gratis dari pemerintah bisa dimanfaatkan para pelaku usaha kecil dan menengah untuk memperbesar skala produksi, untuk mengembangkan pangsa pasar yang lebih luas serta mengembangkan produk yang lebih bervariasi dan bersaing. Namun sangat disayangkan, mayoritas pelaku UKM tidak mengetahui bagaimana caranya mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah. Mereka lebih memilih meminjam uang di lembaga perbankan dengan bunga tinggi.

Padahal dalam membangun sebuah usaha apalagi yang baru dirintis tidak disarankan untuk meminjam modal usaha ke pihak bank. Dikarenakan keuntungan bersih yang didapatkan akan tergerus oleh bunga bank. Ditambah lagi arus kas keuangan usaha belum berjalan stabil dan baik. Maka dalam membangun sebuah usaha apalagi dari nol haruslah menggunakan uang sendiri atau dana hibah dari pemerintah. Sehingga tidak ada beban untuk pembayaran bunga bank.

Daftar Bantuan Dana Gratis Untuk Modal Usaha

Diantara banyak lembaga, kementerian dan dinas pemerintahan ada Kementerian Koperasi dan usaha kecil memengah yang konsisten memberian bantuan dana gratis untuk modal usaha kepada calon pengusaha pemula. Pada sebuah iklan di sebuah media elektronik radio tercantum bahwa Kemenkop dan UKM akan mengadakan acara pelatihan usaha gratis kepada para pelaku usaha kecil dan menengah pemula. Di akhir acara, para peserta akan mendapatkan ilmu tentang cara membuka usaha. Dan tak kalah penting, setiap peserta diberikan bantuan dana hibah untuk modal usaha di lapangan nantinya.

Jika anda sedang membutuhkan modal usaha untuk membuka sebuah bisnis maka tak ada salahnya anda mendatangi kantor kementerian koperasi dan UKM di kota terdekat anda. Kalau di Bandung kantor Kemenkop dan ukm terletak di Jalan Soekarno Hatta. Sekarang kementerian ini sedang gencar melaksanakan program penciptaan satu juta pengusaha setiap tahun. Diharapkan kegiatan tersebut mampu membuka lapangan kerja baru, meningkatkan ekonomi masyarakat kecil, mengentaskan kemiskinan dan ikut mensejahterakan rakyat Indonesia terutama di pedesan yang terpencil dan belum berkembang.

Banyak sekali bantuan modal usaha gratis yang disalurkan oleh pemerintah kepada rakyat kecil. Misalnya bantuan program keluarga harapan dimana setiap kepala rumahtangga memperoleh uang sebesar Rp 600 ribu perbulan. Lalu ada program bantuan dana desa yang bisa digunakan sebagai modal usaha rakyat desa dan pembangunan sarana pedesaan.

Demikianlah Daftar Bantuan Dana Gratis Untuk Modal Usaha dari pemerintah di tahun 2017. Sebenarnya setiap kementrian maupun BUMN mempunyai pos anggaran tersendiri untuk pemberian modal usaha gratis kepada penduduk sekitar yang miskin.

Untuk mengetahui caranya mendapatkan modal usaha gratis maka anda bisa membaca artikel di bawah ini :

Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah

loading...
Daftar Bantuan Dana Gratis Untuk Modal Usaha | penulis | 4.5