Ingin Bangun Pabrik Bata Ringan?

Ingin Bangun Pabrik Bata Ringan? Pembangunan di berbagai wilayah kini semakin meningkat, hal ini berpengaruh besar terhadap peningkatan dari permintaan bata ringan yang saat ini banyak sekali digunakan dalam pembangunan tersebut. Membuka usaha pabrik bata ringan memang memiliki peluang yang cukup tinggi, modal yang diberikan cukup murah dan dalam kurun waktu setahun sudah dapat mengembalikan modal yang dikeluarkan.

Harga untuk bahan bangunan biasanya bernilai tinggi, hal ini menjadikan kesulitan tersendiri bagi orang yang ingin membangun rumah atau mau buka pabrik bata ringan?meenovasinya karena harganya yang mahal. Namun memang sulit mencari kualitas bagus sekaligus ingin menghemat masalah pembiayaan, memang mungkin saja dilakukan hanya saja peluangnya sangat sedikit.

 

Melakukan penghematan dengan tetap menjaga kualitas sangat sedikit peluangnya, namun ada cara yang dapat dilakukan yakni dengan memilih bahan bangunan dengan jenis yang baru. Misalnya seperti pengginaan baja ringan ataupun bata ringan, produk yang satu ini menjadi idola banyak masyarakat kala ini ketika memilih bahan bangunan agar lebih efisien.

Dibandingkan dengan batako, bata ringan ini lebih dipilih oleh para pengembang atau pelaku usaha dan juga masyarakat yang ingin membangun atau merenovasi rumah. Ukuran dari bata ringan ini umumnya 60 x 20 x 10 cm, seringkali bata ringan ini juga disebut dengan habel. Padahal habel ini berupa beton ringan buatan PT Habel Indonesia, selain itu spesifikasinya sendiri agak berbeda dengan produk bata ringan.

Pemesan untk bata ringan ini biasanya berasal dari kotraktor yang akan membangu sebuah rumah/perumahan, biasanya untuk perumahan dengan jumlah 3 sampai 4 lantai. Selain kontraktor, tidak sedikit para pengembang untuk rumah susun juga mencari bahan bangunan berupa bata ringan ini. Tidak terkecuali untuk toko material, banyak juga yang memesan produk bata ringan ini.

Bata ringan banyak digunakan oleh masyarakat lantaran konsistensi dari ukurannya jauh lebih baik dibandingkan bata merah, sebab dalam proses pembuatan bata merah masih menggunakan cara tradisional sedangkan untuk bata ringan dengan menggunakan mesin termasuk dalam proses pencetakannya.

Untuk ukurannya sendiri, bata ringan memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan bata merah. Selain itu, dengan ukuran bata ringan yang lebih besar ini otomatis proses pembangunan dapat berjalan dengan lebih cepat. Pengangkutan batanya sendiri lebih mudah karena telah dikemas dalam jumlah tertentu, kemudian bangunan yang menggunakan bata ringan lebih tahan gempa dan tahan api 4 sampai 5 jam.

Untuk marginnya sendiri, pengusaha bata ringan bernama Syaiful dan Junaidi mengatakan bahwa harga pokok untuk produksi bata ringan sekitar Rp. 400 ribu/m3.  Harga tersebut tuturnya sudah termasuk untuk gaji pegawai dan juga listrik. Dengan begitu, margin laba untuk usaha bata ringan ini per m3 dapat mencapai 40%.

Selain itu, Syaiful menuturkan margin untuk usaha bata ringan dalam pembuatannya berkisar 10% sampai 15% dan termasuk ke dalam biaya penyusutan untuk mesin produksi. Selain faktor biaya pembuatan, mesin, dan juga listrik, hal lain yang perlu diperhitungkan adalah biaya untuk sewa tempat. Setidaknya menurut Junaidi, lahan untuk usaha bata ringan ini mnimalnya 500 m2.

Untuk tarif sewanya sendiri sekitar Rp. 1 juta sampai Rp. 2 jutaan disesuaikan dengan besar kecilnya lokasi, serta hal ini tergantung dari wilayah atau daerah masing-masing. Bahan baku yang diperlukan dalam pembuatan bata ringan ini adalah semen, pasir, dan juga foam concrete untuk generatornya. Untuk takaran pembuatan bata ringan, Anda dapat mencarinya di berbagai situs internet yang banyak menyediakan beragam informasi.

Incoming search terms:

mesin paket usaha bata ringan (2) - Analisa usaha bata ringan (1) - memulai usaha bata ringan (1) - Omset bata ringan (1) -
loading...
Ingin Bangun Pabrik Bata Ringan? | | 4.5