Jenis Usaha Startup Yang Ada Di Indonesia

Startup merupakan salah satu bisnis yang baru saja dibangun atau masih dalam masa perintisan, namun tidak semua jenis bisnis masuk kategori startup karena istilah ini lebih mengacu pada kategori bisnis yang berkecimpung di dunia teknologi dan juga informasi yang berkembang dalam dunia internet. Jenis bisnisnya sendiri sangat beragam, mulai dari pengembangan aplikasi, sistem pembayaran, perdagangan, jasa, dan masih banyak lagi jenisnya.

Di Indonesia sendiri, jenis perusahaan yang satu ini sudah banyak berkembang dan tentunya akan masih banyak lagi perusahaan baru yang muncul. Berikut ini setidaknya ada 7 perusahaan startup di Indonesia, diantaranya:

macam macam startup indonesia

aCommerce

Salah satu startup ini merupakan jenis startup yang memilik potensi kuat untuk mendapatkannilai investasi Sembilan digit dolar, perusahaan yang satu in dapat dikatakan sebagai perusahaan jagoannya di bidang logistic e-commerce dan juga pengadaan. Hal ini dibuktika dengan keberhasilan yang didapatnya dengan mengaet klien besar seperti Lippo Grup, Sinar Mas, dan juga Matahari Mall.

aCommerce juga berhasil mencetak rekor pendanaan untuk seri A terbesar yang ada di Indonesia, nominalnya sampai $10,7 juta atau dalam rupiah bernilai 144,4 milyar.

HappyFresh

Rekor yang telah dicetak oleh eCommerce tidak bertahan lama, karena sebuah aplikasi delivery untuk bahan makanan bernama HappyFresh berhasil dalam memecahkannya di September tahun 2015. Grup investor pimpinan Vertex Ventures dan juga Sinar Mas Digital Ventures ini berhasil menatat pendanaan seri A dengan besar $12 juta atau sekitar Rp. 161,9 milyar.

YesBoss

Perusahaan startup yang satu in merupakan sebuah layanan asisten pribadi dengan basis SMS, baru-baru ini perusahaan ini mendapatkan pendanaan dari 500 startup, IMJ Investment Partners, dan juga Convergence Ventures. Bagi mereka yang malas bergera atau karena terlau sibuk, layanan yang satu ini sangat cocok untuk digunakan karena serasa memiliki asisten pribadi.

eFishery

Startup yang satu ini merupakan penyedia untuk solusi teknologi yang digunakan untuk pengelolaan kolam ikan secara komersil. Produknya sendiri adalah sebuah alat untuk memberi makan ikan secara otomatis yang dapat dipasangkan di kolam, selain itu bisa juga untuk mendeteksi tingkat dari nafsu makan ikan yang kemudian mengeluarkan makanannya secara otomatis.

Jualo

Salh satu situs iklan yang satu ini bekerja keras untuk dapat berhasil di Indonesia, situs yang satu ini berhadapan langsung dengan situs OLX Indonesia yang telah mendominasi. Meski begitu, situs yang satu ini memulainya dengan cukup baik karena traffic mereka senantiasa naik sampai mencapai lebih dari 2 juta pengunjung pada bulan lalu. Selain itu, situs yang satu ini juga mendapatkan pendanaan dari Alpha JWC Ventures dan juga Mountain Kejora.

Fabelio

Startup yang didirikan oleh seorang entrepreneur bernama Christian Sutardi yang juga pernah berafiliasi sebelumnya dengan Hill Ventures dan juga Rocket Internet, Fabelio mengincar pangsa pasar e-commerce lokal untuk komoditas furniture miliknya.

HijUp

Salah satu toko online busana yang memfokuskan diri memasarkan produk busana muslim di Indonesia ini berkembang dengan cukup pesat, berhasil mendapatkan dana di tahun 2015 dari 2 ronde berbeda. HijUp sendiri menyediakan 200 toko busana muslim dan mengklaim dirinya sendiri dalm kurun waktu dekat akan melakukan ekspansi secara global.

Memulai usaha/bisnis startup memang memiliki tantangan tersendiri dalam hal pengembangan maupun skill teknologi yang dimiliki, memiliki kerja keras dan tekad yang kuat menjadi salah satu faktor pendorong agar jenis usaha apapun dapat berkembang dengan baik.

loading...
Jenis Usaha Startup Yang Ada Di Indonesia | | 4.5