Jenis Usaha Ternak Paling Laris, Menguntungkan dan Mudah

Jenis Usaha Ternak Paling Laris, Menguntungkan dan Mudah – Usaha dalam bidang peternakan sangat menjanjikan untung besar. Semua itu hanyalah khayalan semata bagi sebagian orang. Karena pada dasarnya, untuk menjalankan bisnis ternak hewan piaraan yang menguntungkan dalam waktu singkat tidaklah mudah. Hal itu sungguh sulit. Bukannya untung yang didapat. Melainkan kerugian dan kerugian usaha budidaya hewan ternak.

Jenis Usaha Ternak Paling Laris, Menguntungkan dan Mudah

sumber : anangili.web.id

Salah satu jenis usaha beternak hewan yang merugikan adalah usaha beternak ayam secara rumahan. Ayam dipelihara melalui sistem kandang dan umbaran. Tapi ayam sulit cepat berkembang besar. Setiap hari harus membeli pakan ayam yang mahal sekitar Rp 10 ribu perkilogram. Pakan sebanyak itu habis dalam waktu dua minggu.

Memang yang berat dalam bisnis peternakan hewan adalah biaya pakan. Hewan ternak merupakan makhluk hidup yang harus makan setiap hari. Jika kita harus memberi makan hewan ternak maka akan timbul biaya pakan per hari. Hal inilah yang membuat binis peternakan di desa selalu merugi. Karena biaya pakan sangat besar jika diakumulasikan perbulan. Perhari biaya pakan sebesar Rp 1000. Kalau dikalikan sebulan atau 30 hari berarti biaya pakan sebesar Rp 30 ribu. Sedangkan harga jual ayam saat ini sekitar Rp 35 ribu. Hal inilah yang membuat bisnis peternakan ayam pedaging di pedesaan terpencil merugi.

Setelah melalui pengamatan yang mendalam, dapat disimpulkan bahwa jenis usaha ternak yang paling menguntungkan dalam waktu singkat bukanlah jenis hewan ternak yang harus diberikan biaya poakan. Hewan ternak yang menguntungkan adalah yang tanpa biaya pakan. Dalam arti untuk mendapatkan pakan diperoleh secara gratis. Seperti usaha peternakan kambing, domba, sapi, dan lain sebagainya. Sebab pakan rerumputan bisa didapatkan di alam liar dengan jarak pendek.

Jenis Usaha Ternak Paling Laris, Menguntungkan dan Mudah

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini jenis usaha ternak paling laris, menguntungkan dan mudah, antara lain :

Usaha Ternak Ikan Hias

Ada banyak jenis ikan hias di Indonesia saat ini. Anda bisa membuka usaha beternak ikan hias. Karena harga ikan hias jauh lebih tinggi dari harga ikan konsumsi. Namun bisnis ikan hias memerlukan biaya modal pakan yang setiap hari haurs diberikan. Resiko ikan mati juga sangat mungkin terjadi.  Kunci sukses bisnis ternak ikan hias seperti oscar, louhan dan ikan mas koi adalah cermat, rajin, teliti dan pantang menyerah.

Usaha Ternak Ikan Konsumsi

Berbagai jenis ikan konsumsi yang digemari banyak orang adalah ikan mas, mujair, nila, nilem dll. Semua jenis ikan tersebut sangat mudah didapatkan di kolam penduduk desa. Namun sayang kini bisnis peternakan ikan konsumsi mengalami penurunan usaha. Banyak kolam ikan dibiarkan tak terurus. Jangankan menguntungkan, justru ternak ikan konsumsi merugikan karena harus diberi makan setiap hari. Sedangkan pertumbuhan ikan sangat lambat.

Kendala lain yang membuat usaha ternak ikan konsumsi berprospek suram adalah banyaknya pemangsa ikan baik hewan predator seperti kucing, biawak dll. Maupun pemangsa ikan konsumsi dari kalangan manusia yang memancing atau mencuri. Pemerintah tidak bisa berkutik melihat meredupnya bisnis peternakan ikan konsumsi di Indonesia.

Usaha Ternak Kambing

Bisnis beternak kambing menjadi usaha ternak hewan yang paling laris, menguntungkan dan mudah dijalankan. Mertua penulis sendiri membuka usaha budidaya kambing, sapi dan domba. Dalam waktu empat tahu, satu ekor kambing beranak pinak menjadi lima ekor kambing. Jelas ini membuktikan usaha ternak kambing masih menyimpan potensi usaha untung besar dalam bisnis peternakan.

Baca juga :

Tips Sukses Dropship Untuk Pemula

Sebenarnya masih banyak lagi usaha ternak paling cepat menguntungkan. Dan usaha ternak yang menjanjikan di masa depam. Seperti bisnis ternak hewan langka. Namun semua yang ditulis di  atas sudah cukup sebagai perwakilan.

Demikianlah jenis usaha ternak paling laris, menguntungkan dan mudah dijalankan. Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi anda semua. Memang bisnis peternakan hewan piaraan menguntungkan. Tapi sangat mungkin jutseru terjadi sebaliknya. Terjadi kerugian yang sangat besar. Anda perlu menilai potensi dan untung rugi  suatu usaha ternak hewan agar tak terjadi kerugian di masa depan.

Artikel lain :

Kisah Sukses Dropshipper Untung Rp 1 Miliar

Incoming search terms:

Hewan yang menguntungkan (1) -
loading...
Jenis Usaha Ternak Paling Laris, Menguntungkan dan Mudah | penulis | 4.5