Jenis Usaha yang Cocok Paling Sukses di Desa

Jenis Usaha yang Cocok Paling Sukses di Desa – Di pagi hari yang cerah ini, penulis hendak menyusun beberapa daftar usaha yang menjanjikan di jalankan di pedesaan. Karena penulis bersentuhan langsung dengan penduduk desa. Sehingga mengerti betul bisnis dan usaha di daerah sepi tersebut.

Jenis Usaha yang Cocok Paling Sukses di Desa

sumber : pengusahasukses.com

Tanpa panjang lebar lagi, inilah daftar peluang usaha yang cocok dan paling sukses di desa terpencil dan berkembang, antara lain :

Usaha Ojek
Usaha mengantarkan orang dan barang atau ojek konvensional menjadi pilihan peluang usaha yang banyak digeluti para pemuda desa. Karena yang namanya desa maka sangat langka atau tidak ada kendaraan umum selain ojek sepeda motor. Harga jasa ojek sekitar Rp 5000 sampai Rp 20 ribu tergantung jauh jarak yang ditempuh.

Usaha Penggilingan Padi
Usaha ini sangat cocok dijalankan di wilayah pedesaan yang memiliki banyak lahan sawah. Ketika musim panen maka akan banyak padi yang didapatkan para penduduk desa. Untuk makan maka mereka menggiling padi ke pabrik heleran terdekat. Dari asalnya padi maka berubah menjadi beras dan pakan huut. Keuntungan dari usaha penggilingan padi berupa cukai dari berat beras yang ada. Misalkan lima persennya.

Usaha Pertanian
Peluang bisnis di pedesaan lainnya yang sangat menjanjikan adalah usaha dalam bidang pertanian. Misalnya usaha bertanam padi di sawah yang panen setiap tiga bulan sekali. Sekali panen bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Usaha pertanian lainnya yang tak kalah menguntungkan adalah usaha bercocok tanam tanaman hias, bonsai, bertani mentimun, kol, wortel, lobak, cabai merah, usaha bertanam kangkung dan bayam dll.

Usaha Peternakan
Usaha dalam bidang peternakan yang cocok dijalankan di pedesaan adalah usaha beternak kambing, usaha ternak domba, usaha ternak sapi limosin, bisnis ternak ayam potong broiler, ternak bebek dan itik, usaha beternak ikan lele dan lain sebagainya.

Baca juga :

Jenis Ternak Hewan Paling Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Usaha Perkebunan
Contoh usaha dalam bidang perkebunan di desa adalah usaha bertanam pisang ambon dan pisang kapas, usaha bertanam buah mangga, rambutan, singkong, sawo dan lain-lain. Untuk cara menjualnya bisa langsung ke bandar di kota atau melalui pengepul yang datang langsung kepada para petani.

Usaha Makanan Ringan
Banyak sekali usaha industri rumah tangga bidang kuliner di wilayah pedesaan seperti usaha kerupuk pedas seblak, usaha sistik, bisnis sale pisang, usaha kripik singkong dan keripik pisang dan lain sebagainya.

Jenis Usaha yang Cocok Paling Sukses di Desa

Sebenarnya usaha apapun sangat cocok dijalankan di pedesaan. Anda bisa memindahkan usaha di kota ke desa. Atau cara paling mudah adalah sobat mencari usaha di kota yang laris manis kemudian memindahkan ke desa. Dijamin laris manis pula. Namun harga jual di kampung dan desa terpencil haruslah terjangkau dengan harga sangat murah. Orang desa alergi terhadap harga barang yang mahal.

Namun berdasarkan fakta di lapangan banyak usaha di desa dan kota yang mengalami lesu pembeli. Masyarakat lebih memilih untuk membeli barang kebutuhan pokok disamping barang sekunder seperti jajan. Selain daya beli masyarakat yang rendah dan menurun ditunjang pula dengan munculnya para wirausahawan baru yang membuat kue terbagi sangat kecil. Untung usaha jadi kecil. Jadi pekerja malah penghasilan tak mencukupi dan tidak bebas jam kerja.

Dan hal paling menakutkan lainnya dari dunia wirausaha adalah banyak pesaing sejenis maupun mirip. Seperti usaha camelo yang di daerah terdekat ada usaha yang sama. Lalu ada usaha es lilin potong dan lainnya. Jenis Usaha yang Cocok Paling Sukses di Desa

Incoming search terms:

jenis bidang usaha (1) -
loading...
Jenis Usaha yang Cocok Paling Sukses di Desa | penulis | 4.5