Kesalahan Yang Sama Untuk Bisnis Pengusaha Pemula

Kesalahan Yang Sama Untuk Bisnis Pengusaha Pemula – Penulis sudah banyak pengalaman dalam menjalankan sebuah bisnis terutama bisnis modal kecil. Namun di awal-aal usaha mengalami beberapa kegagalan. Dan di akhir usaha mendapatkan beberapa keberhasilan dalam bisnis. Hal ini tak terlepas dari pengalaman kegagalan sebelumnya. Seorang muslin tak jatuh dua kali dalam lubang yang sama. Pendek kata, yang menentukan sebuah usaha sukses atau tidaknya ditentukan banyak faktor. Salah satunya pelaku usaha itu sendiri.
Kesalahan Yang Sama Untuk Bisnis Pengusaha Pemula
Bagi seorang pelaku usaha pemula sangat sering mengalami beberapa kegagalan. Karena itu proses yang harus dilewati sebelum menjadi pengusaha sukses dan kaya raya serta berhasil. Ada banyak kerugian tenaga, waktu dan uang yang dialami oleh seseorang pemula. Namun kelak di usaha selanjutnya pasti ia akan berhasil dari belajar dari pengalaman sebelumnya. Bagaimana caranya sebuah usaha gagal. Dan mengetahui kelak bagaimana caranya sebuah usaha berhasil.

Salah satu sikap selanjutnya yang sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha bagi pemula adalah sikap pantang menyerah. Seringkali seorang pebisnis pemula atau kelas teri melakukan sebuah bisnis di awal dengan penuh semangat. Tapi ketika hambatan dan rintangan menghadap mereka akhirnya menutup usaha. Begitu mudahnya menutup sebuah usaha. Jiwa pantang menyerah kemana? Padahal usaha itu bisa dikembangkan dan dipertahankan hingga menghasilkan omset yang lumayan besar.

Kesalahan yang sama untuk bisnis pengusaha pemula lainnya adalah seringkali seorang pemula berganti-ganti jenis usaha. Padahal usaha yang baru ditekuninya belum berhasi. Ketika ia menemukan produk baru yang laris manis maka ia pindah membukan usaha jualan produk baru tersebut. Setelah dirasakan pembeli sedikit maka ia pindah lagi membuat usaha dari berjualan produk lain. Begitu seterusnya sehingga tak pernah berhasil sampai kapanpun.

Kesalahan Yang Sama Untuk Bisnis Pengusaha Pemula

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula adalah tidak adanya inovasi yang diberikan. Ingat suatu waktu konsumen akan bosan dengan produk anda. Maka tugas anda adalah membuat konsumen tidak bosan dengan produk jualan anda. Salah satunya membuat inovasi dari bisnis anda. Misalkan sobat berjualan es krim. Maka sediakan berbagai menu es krim dengan aneka rasa dan bentuk dengan biaya murah.

Sering menunda-nunda dan cepat bosan jika mengalami kendala adalah kesalahan lain dari seorang pengusaha pemula yang masih muda belia. Misalkan ia diwajibkan untuk mengunjungi sepuluh toko perhari. Namun seiring berjalan waktu, ia kendor hingga tak mengunjungi toko atau warung sekalipun. Inilah yang disebut seorang pengusaha muda pemulai sering mengalami inkosistensi. Padahal untuk sukses dalam bisnis dan wirausaha dibutuhkan sikap pantang menyerah dan konsisten atau kesabaran tingkat tinggi.

Rasa malas atau menunda-nunda pekerjaan adalah kesalahan yang sama dari seorang pengusaha muda pemula. Ia malas untuk mengunjungi berbagai toko dan warung dengan alasan sibuk bekerja di tempat lain. Padahal pekerjaan yang satu belum beres dan yang satu belum beres. Sehingga keduanya tidak selesai. Hal inilah yang membuat kebanyakan usaha pemula gulung tikar. Jadi anda harus mengerjakan apa yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan konsisten dan tanpa malas. Hasil yang baik akan menyusul kemudian. Setelah bisnis yang satu berhasil dan mencapai target maka anda bisa membuka usaha lain.

Dan terakhir kesalahan seorang pebisnis pemula adalah terlalu panjang angan-angan atau terlalu muluk-muluk dalam keuntungan sebuah bisnis. Ia merasa yakin akan mendapatkan target penjualan yang lumayan besar. Tapi fakta di lapangan berbeda. Penjualan yang dilakukan tidak tercapai target. Bahkan produknya kurang laku di pasaran. Mimpi tidak jadi kenyataan. Tidak sesuai target. Jadi berpikirlah realistis sesuai dengan kondisi lapangan yang terjadi.

Dahulu pun penulis melakukan sikap yang salah dalam berwirausaha sebagai pemula. Yaitu sikap gampang menyerah. Namun sekarang beda lagi. Kini sikap yang  dipupuk adalah sikap pantang menyerah dengan target yang realistis.

Baca :

Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Untung Besar

Demikianlah kesalahan yang sama untuk bisnis pengusaha pemula. Sebenarnya masih banyak lagi kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula yang berdampak buruk pada bisnisnya. Namun semua yang disebut di atas sudah cukup sebagai perwakilan. Selamat membuka usaha dan tetaplah bersemangat serta berpikirlah realistis!

Jika anda sebagai pengusaha pemula tak ada salahnya untuk mencoba bisnis toko online. Karena mudah dikelola, modal kecil dan otomatis uang mengalir. Untuk lebih jelas anda bisa membeli ebook Membangun Toko Online Sendiri Dalam Sehari.

loading...
Kesalahan Yang Sama Untuk Bisnis Pengusaha Pemula | penulis | 4.5