Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses

Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses – Salah satu hal yang diidamkan banyak orang dari kalangan usia tua, muda, bujangan, telah menikah, pria, wanita, anak anak, remaja dan semua profesi adalah kaya raya atau harta berlimpah maupun bebas finansial yang bersumber dari satu jenis bisnis yang halal. Namun untuk mencapai kelimpahan harta tersebut melalui bisnis tidak mudah. Ada banyak persaingan usaha yang sangat sengit.
Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses
Artikel lain :

Cara Usaha Dagang Telor Yang Menguntungkan

Maka pilihan terakhir adalah mencari pekerjaan. Namun mencari bekerja sebagai karyawan saat ini sangat sulit. Sebab lapangan kerja yang sempit atau sedikit sedangkan jumlah pencari kerja sangat banyak. Hal inilah yang membuat banyak pengangguran di Indonesia. Baik di perkotaan maupun pedesaan terpencil.

Ada banyak situasi untuk mencari pekerjaan sebagai karyawan, yaitu :

1.Ditolak

Anda melamar kerja ke satu perusahaan lalu ke perusahaan lain tapi tak ada panggilan kerja. Permohonan kerja ditolak selalu. Kalaupun dipanggil testing maka anda tak lulus. Itulah yang dialami penulis dari usia muda hingga tua sekarang ini

2.PHK

Kalaupun anda diterima kerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan maka berjalan waktu misalkan satu tahun kemudian anda di phk karena perusahaan bangkrut.

3.Tak cukup

Kalau anda bekerja jadi karyawan di perusahaan bonafide, pastinya kerja bertahan lama. Namun gaji perbulan tidak mencukupi kebutuhan hidup bulanan. Selain itu, hidup tidak bisa bebas menikmati waktu dan kehidupan. Itulah yang membuat profesi karyawan tetap miskin selamanya.

Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses

Langkah mudah solusi di atas adalah membuka usaha sendiri, berwirausaha dan berusaha menjadi pengusaha sukses. Berikut ini langkah buka usaha sendiri dan menjadi wirausahawan sukses, antara lain :

1.Punya ide bisnis

Inilah langkah pertama dalam persiapan membuka usaha yaitu mempunyai ide usaha atau ide bisnis yang baik. Tak mungkin sebuah usaha yang menguntungkan terwujud tanpa ide usaha. Sebuah ide usaha yang bagus di masa sekarang dan masa depan yang dipraktekan. Inilah yang disebut sebuah ide bisnis sangat mahal dan berharga. Sehingga harus disimpan baik baik dan jangan sampai diketahui banyak orang. Takut orang lain melaksanakan ide bisnis anda terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan ide bisnis sangatlah mudah. Anda bisa membuka ide usaha atas dasar hobi dan keterampilan atau kegemaran anda. Sehingga usaha berjalan lancar karena anda menguasainya. Seperti penulis yang membuka usaha jasa penulisan artikel maka bisnis ini berjalan lancar walau ada sedikit masalah karena penulis memiliki keterampilan menulis yang baik serta hobi menulis dengan konsisten.

2.Perencanan usaha

Setelah memperoleh ide bisnis yang baik langkah berikutnya adalah merencanakan usaha. Bagaimana prospek usaha di masa saat ini dan masa depan. Bagaimana cara mengembangkan bisnis ini. Berapa tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam bisnis ini? Tahapan-tahapan apa saa yang harus dilakukan untuk mendapatkan target keuntuang usaha tersebut? Dan lain sebagainya.

3.Survey dan persiapan usaha

Lalukanlah survey mengenai seberapa banyak konsumen dan target pasar. Lalu persiapan usaha meliputi persiapan modal dan pengurusan surat legalitas usaha.

4.Praktek

Inilah hal penting dan terakhir dalam membuka sebuah bisnis. Di fase ini anda akan mengalami langsung yang namanya persaingan usaha yang sangat ketat. Selama anda bisa memenangkan persaingan usaha maka bersiap-siaplah menjadi pengusaha sukses.

artikel lain :

Pengalaman Suka Duka Membuka Usaha dan Bisnis

Itulah langkah awal sebelum membuka usaha sendiri dan menjadi wirausaha sukses. Tetaplah simak terus blog modalusaha.net untuk menyimak artikel menarik lainnya tentang tips trik bisnis, inspirasi bisnis, berbagai macam peluang usaha di kota dan desa dan lain sebagainya.

loading...
Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses | penulis | 4.5