Membangun Usaha Cuci Mobil Tanpa Air

Ketika seseorang memikirkan untuk membuat sebuah jasa cuci mobil ataupun cuci sepeda motor, hal pertama yang harus difikirkan adalah bagaimana caranya mencari sumber mata air yang dapat digunakan. Selain itu, setelah mendapatkan sumber mata air sebaiknya limbah cuci kendaraan tersebut dibuang kemana.

Hal ini menjadi sebuah kendala bagi orang yang ingin membuka jasa cuci kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil, namun hal ini tidak lagi menjadi kendala jika jenis jasa cuci mobil ataupun motor yang dilakukan tanpa menggunakan media air. Jenis paket usaha yang satu ini dapat ditemukan di beberapa usaha franchise. Untuk modal investasinya sendiri, mulai dari Rp. 30 jutaan.

paket usaha cuci mobil tanpa air

Selain dari paket Rp. 30 jutaan, ada juga paket Rp. 70 juta sampai Rp. 100 jutaan dan dapat kembali modal dalam kurun waktu hanya setahun saja. Penulis contohkan disini sebuah perusahaan yang menawarkan jasa cuci mobil atau motor tanpa air bernama HD Car Care atau kepanjangan High Definition Car Care.

Franchise Usaha HD Care

HD Car Care merupakan sebuah brand usaha yang didirikan di tahun 2014, sebuah perusahaan di bawah naungan PT Aristoteli. Di Indonesia sendiri, perusahan ini merupakan jenis perusahaan agen tunggal yang berasal dari pemasaran HD Car Care Amerika. Untuk paket kemitraan waralabanya sendiri, baru diluncurkan mulai awal tahun 2015 kemarin. Sejumlah gerai jasa cuci mobil tanpa air HD Car Care telah tersebar di Palu, Tanggerang, Jakarta, Palembang, Bekasi, Mado, dan wilayah Semarang.

HD Car Care sendiri menawarkan 3 macam investasi kemitraan di dalamnya, mulai dari paket pertama sampai paket ketiga. Paket pertama dengan nilai nvestasi sebesar Rp. 30 juta, kemudian paket kedua dan ketiga dengan besar investasi Rp. 70 juta dan Rp. 100 juta. Paket pertama, mitra yang bergabung dengan paket ini akan mendapatkan bahan baku dari produk HD Car Care, sedangkan paket kedua akan mendapatkan peralatan usaha seperti bahan baku untuk jasa cuci, salon, dan juga poles mobil.

Untuk paket yang terakhir atau paket ketiga, mitra akan mendapatkan paket lengkap berupa pencuci mobil, salon, poles, nano ceramic, dan juga polymer paint protection serta nano ceramic coating. Meski begitu, ketiga paket di atas akan mendapatkan support dari perusahaan (pembukuan, rekruitmen pegawai, dan promosi serta marketing). Kontrak kerjasamanya sendiri berlaku untuk waktu satu tahun.

Syarat yang harus dipenuhi ketika akan membuka usaha cuci mobil tanpa air ini sebenarnya hampir sama dengan ketika akan memulai usaha jenis lain, seperti:

  1. Menyediakan lokasi yang strategis, setidaknya luas tempat sekitar 5 x 15 meter yang berada di daerah ramai pengunjung
  2. Dana atau modal usaha, disesuaikan dengan kebutuhan (kemungkinan modal atau biaya untu jenis usaha ini mencapai puluhan sampai ratusan juta, terlebih jika ingin menggunakan jenis usaha franchise)
  3. Peralatan usaha, dalam hal ini alat atau mesin untuk mencuci mobil tanpa menggunakan air.
  4. Keterampilan dan juga pengetahuan memulai usaha, baik itu opengetahuan untuk mengoperasikan mesin, manajemen, promosi, dan lain sebagainya
  5. Memiliki karyawan untuk membantu dalam menjalankan usaha, minimalnya dibutuhkan 2 orang karyawan.

Memulai usaha memang tidak mudah, untuk mengembalikan modal saja membutuhkan waktu yang cukup lama sampai bertahun-tahun. Namun jika usaha dikerjakan dengan ulet dan penuh kesabaran, tentunya nantinya akan mendapatkan hasil usaha yang baik.

Incoming search terms:

cara menanam padi organik jepang (2) - franchise cuci mobil tanpa air (2) -
loading...
Membangun Usaha Cuci Mobil Tanpa Air | | 4.5