Merinci Modal Usaha Fotocopy dan ATK

Membuka usaha fotocopy memang bukanlah hal yang mudah. Selain modal usaha fotocopy yang relatif mahal, penggunaan dan perawatan mesin fotocopy juga sangatlah penting untuk diperhatikan. Karena jika kita lalai dalam merawat atau ceroboh dalam menggunakannya bukan tidak mungkin keuntungan yang kita peroleh hanya kita habiskan untuk melakukan service mesin fotocopy yang kita gunakan. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan penyedia mesin fotocopy di Indonesia yang hampir 80% merupakan mesin rekondisi.

Modal Awal Usaha Fotocopy

Meskipun rentan maslah perawatan namun tidak sedikit mereka yang berhasil menjalankan usaha fotocopy ini. Modal awal usaha fotocopy yang perlu dimiliki jika kita ingin membuka usaha fotocopy adalah pengetahuan tentang penggunaan dan perawatan sederhana mesin fotocopy. Jika kita merasa mendapatkan tempat yang strategis untuk menjalankan bisnis fotocopy jangan langsung menggelontorkan sejumlah dana yang cukup besar sebelum anda memiliki pengetahuan tentang mesin fotocopy itu sendiri.

modal usaha fotocopy dan atk

Yang perlu diketahui jika anda ingin membuka usaha fotocopy adalah anda harus bisa mengoprasikan mesin fotocopy secara standar meliputi:

  1. Penggantian kertas
  2. Pemilihan kertas
  3. Fotocopy bolak balik
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy buku pelajaran

Jika anda sudah menguasai ke 5 dasar tersebut barulah anda perlu belajar bagaimana melakukan maintenance ringan pada mesin fotocopy anda. Service ringan pada mesin fotocopy meliputi pembersihan debu-debu tinta dan mengetahui lokasi-lokasi dimana kertas biasa tersangkut.

Baca juga, cara memulai usaha fotocopy

Anda bisa menggali informasi terlebih dahulu ke tempat-tempat agen penyedia mesin fotocopy. Dijamin mereka akan dengan senang hati mengajarkan kepada anda tentang dasar-dasar pengoprasian mesin fotocopy. Atau jika anda ingin lebih mengetahui tantangan menjalankan bisnis fotocopy ini anda bisa mencoba untuk magang di tempat usaha fotocopy yang sudah berjalan. Ini akan sangat membantu anda dalam mempersiapkan diri sebagai modal awal membuka usaha fotocopy.

Modal Untuk Membuka Usaha Fotocopy

Jika anda sudah merasa dapat mengoprasikan mesin fotocopy dengan baik maka barulah anda memikirkan bagaimana untuk menyediakan mesin fotocopy di tempat usaha anda. Banyak pilihan merek mesin yang bisa anda pilih untuk menjadi partner anda dalam usaha ini. Namun saya lebih merekomendasikan untuk memilih mesin fotocopy canon tipe ir 6570. Selain mesin fotocopy yang sudah modern, ketahanan produk mesin canon bisa dikatakan lebih abik daripada pesaingnya. Selain itu kelengkapan ketersedian part pengganti jika terjadi kerusakan lebih mudah untuk di dapatkan.

Berikut ini perkiraan rincian modal untuk membuka usaha fotocopy:

Nama Barang Harga
Canon IR6570 Rp. 21.000.000
Stavol Matsunaga 3000NA Rp. 1.500.000
Travo Rp. 300.000
Pemotong kertas kecil Rp. 200.000
30 Rim kertas (HVS, A4, quarto) Rp. 1.200.000
Plastik mika Rp. 200.000
Kertas kambing Rp. 200.000
Perlengkapan Jilid (gunting, cutter, lakban, dll) Rp. 100.000

 Jadi jumah total biaya yang pelu anda keluarkan adalah sebesar lebih kurang Rp. 25.000.000.

Namun bagi anda yang merasa biaya ini terlalu mahal anda dapat memotong biaya modal untuk membuka usaha fotocopy ini dengan tidak perlu membeli mesin fotocopy. Anda cukup menyewa mesin fotocopy tersebut. Keuntungan lain jika anda menyewa mesin fotocopy adalah anda akan terlepas dari biaya service yang cukup memberatkan. Biasanya para agen memberikan layanan sewa mesin fotocopy sebesar Rp. 700.000 per bulan. Dan anda bisa memangkas biaya modal anda hingga sebesr 20 juta rupiah.

Modal Usaha Fotocopy Dan Alat Tulis (ATK)

Apa hanya sampai di sini saja modal yang harus dikeluarkan? Jika anda mengincar keuntungan yang lebih besar tentu saja anda harus mengeluarkan modal yang lebih besar pula. Banyak pengusaha fotocopy mengatakan bahwa kita tidak mungkin hanya mengandalkan mesin fotocopy utuk memenuhi kebutuhan hidup. Yang paling bijak mengatakan bahwa mesin fotocopy adalah daya tarik atau pemikat di sebuah toko ATK atau alat tulis komputer.

Ya, anda perlu melengkapi usaha fotocopy ini dengan menyediakan perlengkapan alat tulis komputer. Dengan gambaran seperti ini, seseorang tidak akan membeli map file, kertas riwayat hidup, kertas folio, dan perlengkapan melamar kerja lain jika di tempat itu dia tidak bisa mem-fotocopy ijazah, sertifikat dan dokumen lain. Tentu tempat tujuan utamanya adalah toko atk yang menyediakan jasa fotocopy sehingga dia bisa menyelesaikan keperluannya dengan sekali jalan. Dari sini kita bisa menyadari jika mesin fotocopy sangat berguna untuk menarik minat konsumen ke toko atk kita.

Untuk perkiraan biaya yang harus anda keluarkan untuk menyediakan perlengkapan alat tulis kantor anda mungkin harus merogoh kocek sebesar 7 hingga 10 juta rupiah belum termasuk pengadaan lemari atau rak pendukung.

Sebagai tambahan lain mungkin anda bisa menyediakan jasa print, cetak foto dan laminating dengan rincian biaya sebagai berikut:

Nama Barang Harga
Mesin laminating Rp. 1.000.000
Epson stylus L800 Rp. 3.000.000
Epson L130 Rp. 1.200.000
Komputer Rp. 4.000.000

Modal usaha fotocopy memang bisa saja berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan kita. Yang terpenting adalah bagaimana kita selanjutnya mengatur keuangan dan pekerjaan agar modal yang telah kita keluarkan tidak menjadi sia-sia. Penting untuk diperhatikan dalam membuka usaha fotocopy adalah kelayakan listrik yang ada. Untuk mesin fotocopy memerlukan minimal keuatan listrik hingga 1300v. Untuk itu lokasi usaha anda harus memiliki setidaknya listrik sebesar 2200a.

Incoming search terms:

rincian modal usaha fotocopy (131) - modal usaha fotocopy dan alat tulis (72) - usaha fotocopy dan alat tulis (67) - modal usaha fotocopy (66) - Usaha atk (65) - perlengkapan usaha fotocopy (63) - bisnis fotocopy (63) - ############### (59) - usaha fotocopy (56) - bisnis fotocopy rincian modal fotokopi (53) - modal usaha atk (47) - modal usaha fotocopy dan atk (43) - usaha fotokopi (41) - ################## (39) - bisnis atk (36) - ######### (36) - ################ (34) - rincian modal usaha fotocopy dan alat tulis (32) - usaha fotocopy dan atk (24) - usaha foto copy (23) -
loading...
Merinci Modal Usaha Fotocopy dan ATK | | 4.5