Modal Usaha Dari BUMN 2017

BUMN merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang memberikan meiliki banyak program menarik yang diberikan kepada masyarakat, salah satunya BUMN memberikan dana untuk pelaku usaha guna mengembangkan usaha yang dijalankannya. Program yang diberikan oleh BUMN untuk modal usaha tersebut yakni program PKBL / Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan.

PKBL merupakan sebuah proram yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk sumber modal usaha ataupun untuk pembiayaan bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), jenis program yang satu ini sangat cocok dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin mengembangkan usaha yang tengah dijalankanya. Hanya saja dalam hal penerapannya, program PKL ini kurang mendapatkan respon dari masyarakat. Penyebabnya sendiri yakni kurangnya sosialiasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat belum tahu banyak ada program semacam ini.

modal usaha gratis dari BUMN 2017

Dana dari BUMN ini tentunya jika dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, akan sangat membantu dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri. Setidaknya ada 4 jenis program PKBL yang dijalankan oleh pihak BUMN, yakni:

  1. PKBL Pertamina
  2. PKBL Mandiri
  3. PKBL Telkom Indonesia
  4. PKBL Sucofindo

Sedikit informasi mengenai PKBL, program yang satu in merupakan sebuah program pembinaan usaha kecil dan pemberdayaan kondisi lingkungan yang dilakukan oleh BUMN melalui pemanfatan dana dari bagian laba pihak BUMN. Untuk jumlah penyisihan laba yang digunakan untuk pendanaan program maksimalnya adalah sebesar 2% dari laba bersih untuk Program Kemitraan dan juga maksimalnya 2% dari laba bersih guna Program Bina Lingkungan.

Untuk saat ini, hampir semua BUMN yang ada di Indonesia memiiki program PKBL, contohnya seperti BUMN yang ada di lingkungan departemen pertanian (PT Perkebunan Nusantara / PTPN) yang kini tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan juga BUMN yang ada di lingkungan departemen pertambangan dan energy (PKBL Pertamina, PN Timah, dan lainnya). Selain dari departemen tersebut, BUMN yang memiliki program PKBL juga masih banyak seperti PT Sucofindo, PKBL T. Telkom, Angkasa Pura, PT Pelabuhan Indonesia, dan lainnya.

Bahkan program PKBL ini juga ada yang dalam kalangan perbankan, seperti PKBL Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan masih banyak lagi. Program PKBL ini tentunya dapat dinikmati oleh pelaku usaha yang berada di wilayah berdekatan dengan lokasi BUMN. Untuk masalah persyaratan sendiri relative sederhana, lebih murah, dan juga lebih cepat jika dibandingkan melakukan peminjaman melalui bank. Tingkat bunganya sendiri terbilang rendah, sekitar 6% sampai dengan 8% per tahunnya.

Untuk syarat pengajuannya sendiri ialah:

  • Pengaju diwajibkan meenuh kriteria usaha kecil
  • Pengaju juga tidak pernah atau belum pernah menerima pinjaman dari bank dan BUMN lainnya
  • Usaha yang dijalankan telah berusia minimalnya 1 tahun dan telah memiliki prospek untuk dikembangkan kedepannya
  • Pinjaman dana diutamakan akn diberikan kepada pelaku usaha kecil dan juga koperasi yang belum memiliki akses perbankan / belum bankable, memiliki omzet / asset per tahunnya di bawah Rp. 50 juta, ataupun tidak memiliki agunan yang cukup

Untuk syarat pengaju sendiri ialah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usaha yang dijalankan minimalnya adalah 1 tahun
  • Maksimal kekayaan bersih yang dimiliki Rp. 200 juta
  • Nasabah belum pernah menerima kreditd aribank dan juga pihak BUMN lainnya

Fitur kredit yang disediakan untuk modal usaha dari BUMN ini yakni:

  • Limit kredit maksimalnya adalah Rp. 20 juta
  • Jangka waktu peminjaman maksimalnya adalah 3 tahun
  • Suku bunga bersifat tidak bertingkat (6%)
  • Pengaju dibebaskan biaya provis dan biaya administrasi
loading...
Modal Usaha Dari BUMN 2017 | | 4.5