Modal Usaha Membuka Usaha Laundry Kiloan

Modal Usaha Membuka Usaha Laundry Kiloan – Siapa sih yang tidak mengenal bisnis laundry? Tentu banyak orang mengenalnya. Apalagi usaha laundry sekarang ini sedang booming. Usaha cuci pakaian laundry sangat cocok dijalankan di kota maupun pedesaan. Di kota dengan pangsa pasar yang sangat lebar dan luas, namun dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi. Sedangkan membuka usaha laundry di desa sangat sedikit pesaing sehingga jenis bisnis laundry sangat tepat dijalankan di pedesaan.

Modal Usaha Membuka Usaha Laundry Kiloan

Modal Usaha Membuka Usaha Laundry Kiloan

Sejak kecil penulis sudah mengenal bisnis laundry ini di desa. Setiap ada pakaian kotor selalu dibersihkan oleh seorang pembantu. Dalam arti pembantu yang khusus mencuci pakaian dengan sistem bayaran upah perhari sekitar Rp 20 ribu. Usaha laundry di desa waktu itu dijalankan secara perorangan kekeluargaan dan sistem tradisional.

Namun seiring dengan kebutuhan masyarakat sangat tinggi terhadap usaha jasa cuci laundry memunculkan peluang usaha baru yakni usaha laundry kiloan yang profesional dan moderen.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry kiloan moderen dan profesional adalah mempunyai mesin cuci yang handal dan berkualitas. Tidak boleh menggunakan mesin cuci yang sembarangan yang berkualitas buruk. Pilihlah mesin cuci yang terkenal kuat, handal dan bermerek serta memberikan kualitas layanan yang sangat baik. Hal ini wajar sebab usaha laundry termasuk bisnis jasa. Jika mesin cuci bekerja secara buruk bisa mengakibatkan kekecewaan para pelanggan. Fokus bisnis jasa adalah memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.

Modal usaha berikutnya adalah membeli setrika listrik yang harganya murah. Lalu membeli pewangi dan detergent. Kemudian membayar biaya sewa lokasi usaha jika menyewa tempat. Sedangkan jika membuka usaha laundry secara rumahan sendiri biaya operasional sewa usaha ditiadakan. Selanjutnya menggaji karyawan, membayar biaya pemakaian listrik bulanan dan biaya pemakaian air. Adapun keuntungan usaha laundry kiloan secara rumahan bisa mencapai Rp 3 juta perbulan.

Modal Usaha Membuka Usaha Laundry Kiloan
Pangsa pasar usaha laundry kiloan bukan hanya menyasar kalangan menengah ke atas tapi juga sudah menyasar ke kalangan menengah ke bawah seperti mahasiswa, pelajar, pegawai kantoran, dan kalangan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sangat tepat jika bisnis laundry didirikan di dekat perumahan warga, dekat pusat perkantoran, sekitar kampus atau pusat pendidikan dll.

Pada sebuah komentar di internet ada yang menanyakan bagaimana jika usaha laundry kiloan dijalankan di pedesaan. Tentu usaha laundry termasuk usaha yang cocok dijalankan dimana pun baik di kota maupun desa asalkan memiliki pangsa pasar. Apalagi tingkat persaingan bisnis laundry di pedesaan masih sangat longgar. Kenapa tidak membuka usaha laundry kiloan di desa. Justeru usaha laundry di desa lebih menguntungkan. Hanya saja daya beli masyarakat desa yang masih sangat lemah. Sehingga hanya orang tertentu saja yang akan menggunakan jasa laundry kiloan moderen di desa.

Kini bukan hanya usaha minimarket, toko komputer, toko elektronik, rumah makan padang, bank, usaha perbankan yang sudah masuk desa. Tapi juga usaha laundry kiloan sudah mulai masuk desa. Para kurir laundry menggunakan sepeda motor mulai terlihat di sepanjang jalan membawa cucian para pelanggan yang kemudian dicuci dan disetrika lalu diantarkan kembali kepada sang empu dengan upah yang lumayan besar. Tinggal menunggu pesanan order lewat telepon dan SMS maka usaha laundry kiloan rumahan sangat mudah dijalankan.

Jika di sekitar lokasi rumah anda belum ada usaha jasa laundry kiloan maka ini adalah peluang bisnis yang tepat. Jadilah pelopor pertama dalam membuka usaha laundry di desa. Mudah-mudahan sobat sukses.

Demikianlah analisis modal usaha membuka usaha laundry kiloan yang bisa penulis sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca pula artikel terkait lainnya :

Modal Usaha Laundry Kiloan, Kecil Menguntungkan

Incoming search terms:

air untuk usaha laundry (2) - usaha laundry sederhana (2) - peluang usaha loundri di desa (2) - Loundry tingkat menengah (1) - makalah laundry kiloan di pedesaan (1) - modal loundry desa (1) - modal menengah k bawah usaha loundry (1) - modal usaha loundry menengah (1) - peluang buka loundry di desa (1) - pemakaian air usaha laundry kiloan (1) - loundry di desa modo (1) - loundri kiloan (1) - bagaimana cara membuka usaha laundry didesa (1) - www peluang usaha laundry kiloan didesa (1) - bisnis sekitar loundry (1) - cara membuka usaha loundry di desa (1) - cara memulai usaha laundry di desa (1) - Jasa loundri di desa bisa jalan gak? (1) - laundry kiloan moderen (1) - list harga barang loundry murah di desa (1) -
loading...
Modal Usaha Membuka Usaha Laundry Kiloan | Author | 4.5