Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual Kredit Barang Kebutuhan Sehari-Hari

Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual Kredit Barang Kebutuhan Sehari-Hari – Usaha kredit barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari sudah bukan hal aneh lagi. Anda bisa menemukannya secara mudah di Indonesia. Bahkan penulis pernah menemukannya di lapangan. Lalu apakah usaha jual kredit barang sangat menguntungkan dan menjanjikan? Tentu saja. Walaupun cicilan bersifat perhari yg lumayan ringan jika dilkalkulasikan bisa untung besar. Salah seorang kerabat penulis juga membuka usaha kredit barang.

Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual Kredit Barang Kebutuhan Sehari-HariPenulis juga pernah bekerja di perusahaan Aditec Cakrawiyasa. Sebuah perusahaan yang memproduksi kompor gas merk Quantum dan regulator. Perusahaan tersebut membentuk divisi direct selling kepada masyarakat langsung.  Hasilnya dalam satu bulan bisa terjual 700 kompor gas dan ribuan regulator. Dan kebanyakan konsumen membeli kompor gas secara kredit atau angsuran. Jarang sekali cash. 1 : 50.

Peluang usaha inilah yg membuat usaha menjual kredit barang kebutuhan sehari-hari lebih menjanjikan untung besar dan mudah dijalankan. Seolah-olah masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan gaya hidup mencicil. Seperti mencicil perabotan rumah tangga, mencicil sepeda motor dan lain sebagainya.

Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual Kredit Barang Kebutuhan Sehari-Hari

Sewaktu penulis bekerja sebagai marketing sepeda motor honda dan yamaha juga hampir sama. Perbandingan antara orang yang mencicil sepeda motor dan membeli secara tunai sangat jauh. Lebih banyak orang memilih untuk membeli sepeda motor secara tunai. Bahkan semua transaksi yang pernah penulis tangani dalam jualan sepeda motor semuanya dalam proses kredit pembelian sepeda motor.

Namun melihat potensi usaha dan pasar yang sangat menjanjikan ini tidak sontak membuat calon pengusaha langsung berani buka usaha jasa kredit barang. Ada banyak hal yang perlu dilakukan dan dipikirkan. Usaha menjual kredit barang kebutuhan sehari-hari akan menemui berbagai kendala dan hambatan. Berikut ini beberapa kendala dan hambatan dalam menjalankan usaha kredit barang elektronik dan kebutuhan sehari-hari, antara lain :

Kredit Macet

Inilah yang kerapkali ditemui dalam bisnis kredit barang elektronik dan kebutuhan hidup sehari-hari. Masyarakat Indonesia suka sekali mencicil barang ketimbang membeli cash suatu barang. Hal ini disebabkan penghasilan yang sangat terbatas. Apalagi mereka mempunyai penghasilan harian yang dinilai mampu membayar cicilan tersebut.

Seperti yang penulis alami, ketika menagih pembayaran seringkali konsumen tidak mempunyai uang atau beralasan lain. Misalkan uangnya sudah dibayarkan untuk biaya listrik, uangnya dipakai dulu untuk bayar pinjaman koperasi, uangnya tidak ada dan lain sebagainya.

Dalam menangani kredit macet ini sampai membuat penulis pusing. Yang dirugikan adalah pelaku usaha bisnis kredit barang. Sebab ia harus bolak balik menagih. Dan hal itu membutuhkan biaya transportasi. Hal itu sudah seringkali ditemukan jika anda menagih uang kepada orang lain. Karena uang itu manis. Dalam arti setiap orang membutuhkan uang. Sehingga uang cepat habis dan sulit dikeluarkan oleh banyak orang.

Kabur

Kendala lain yang kerap penulis alami ketika membuka usaha menjual kredit barang elektronik dan kebutuhan sehari-hari adalah adanya sebagian konsumen yang mencoba menipu pelaku usaha. Mereka pindah termpat tinggal hanya untuk membebaskan mereka dari cicilan barang. Jika hal itu terjadi  dan termasuk kredit macet maka ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan yaitu melakukan penyitaan barang atau melepaskan dengan rela kerugian yang anda alami.

Baca :

Peluang Bisnis Mendirikan Toko Obat dan Apotik

Prospek usaha menjual kredit barang kebutuhan sehari-hari sangat menjanjikan. Anda bisa membuka bisnis ini dimulai dari barang-barang elektronik yang murah meriah. Seperti ponsel, perabotan rumahtangga dan lain-lain. Dan pastikan konsumen anda adalah orang yang dapat dipercaya, bagus dalam angsuran, serta memenuhi 3 C yaitu Capacity yang memadai, Colateral atau mempunyai jaminan yang mencukupi, dan Carakter atau watak yang baik.

Usaha kredit barang elektronik dan sejenisnya termasuk usaha dengan omset atau penghasilan harian. Jangan sampai bisnis ini masuk dalam riba yang untung berlipat. Demikianlah Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual Kredit Barang Kebutuhan Sehari-Hari

loading...
Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual Kredit Barang Kebutuhan Sehari-Hari | penulis | 4.5