Peluang Bisnis Mendirikan Toko Obat dan Apotik

Peluang Bisnis Mendirikan Toko Obat dan Apotik – Peluang usaha membuka toko obat atau apotik sangat menguntungkan dijalankan di pedesaan terpencil maupun perkotaan. Namun penulis melihat usaha toko obat atau apotik lebih menjanjikan dijalankan di wilayah pedesaan yang baru berkembang. Karena dipastikan tanpa adanya persaingan usaha. Tidak seperti di wilayah kota yang sangat ketat persaingan bisnis apotik mini.

Peluang Bisnis Mendirikan Toko Obat dan ApotikDan dari uraian penulis di atas, ada beberapa pengusaha yang membuka apotik atau toko obat di wilayah desa yang jauh dari persaingan. Namun usaha apotik tetap saja sepi pembeli. Hal ini disebabkan beberapa faktor. Seperti kesan toko obat yang sepi konsumen. Oleh karenanya, jika anda membuka usaha apotik atau toko obat pastikan gerai toko obat terlihat ramai pembeli bahkan terlihat antri.

Di desa penulis ada salah sebuah apotik bernama An Nisa yang laku keras. Bahkan para pelanggannya harus rela antri untuk mendapatkan obat yang akan dibelinya. Salah satu sebab toko obat ini laris manis adalah harga obat yang lebih murah dari pesaing, pelayanan cepat dan ramah, obatnya sangat komplit dan lain sebagainya.

Baca juga :

Peluang Usaha dan Cara Membuka Bisnis Bimbingan Belajar Modal Rp 2 Juta

Peluang Bisnis Mendirikan Toko Obat dan Apotik

Penulis melihat di beberapa mall atau pusat perbelanjaan banyak usaha toko obat yang laris manis. Dari asalnya sebuah usaha tertentu lalu diubah menjadi apotik mini. Karena usaha toko obat dipastikan laku keras. Karena yang namanya obat-obatan selalu dibutuhkan oleh manusia sebagai salah satu kebutuhan pokok sehari-hari agar tubuh sehat terutama bagi orang yang sedang sakit.

Namun banyaknya gerai usaha toko obat dan laris manisnya jualan obat-obatan disalahgunakan oleh sebagian orang dengan membuat obat palsu dan terlarang. Sehingga pemerintah melakukan penertiban terhadap usaha apotik mini yang ada di Indonesia. Usaha toko obat diwajibkan untuk membekali usaha mereka dengan surat ijin dari dinas kesehatan dan dinas perdagangan. Tanpa surat itu, sebuah toko obat bisa ditutup paksa.

Cara mendirikan toko obat dan apotik mini bagi pemula sangat mudah. Bahkan tanpa latar belakang pendidikan obat-obatan atau farmasi, seorang pemula dalam bisnis ini bisa sukses. Berikut ini cara mendirikan toko obat dan apotik dari awal hingga buka, antara lain :

Belanja Obat

Langkah pertama, tentu saja sobat harus membeli berbagai macam obat-obatan yang hendak dijual. Ada ribuan obat yang bisa anda jual. Seperti obat batuk, obat diare, vitamin, obat pusing kepala, obat demam, dan lain sebagainya. Banyak sekali jenis obat hingga puluhan ribu. Dari obat anak-anak, sirup, tablet hingga obat bagi orang dewasa. Anda membutuhkan biaya modal awal sekitar Rp 10 juta untuk membeli obat-obatan tersebut secara lengkap.

Sewa Lokasi

Untuk membuka usaha apotik atau toko obat memerlukan lokasi usaha yang strategis. Kecuali anda sebagai pemasok obat-obatan kepada pihak apotik. Lokasi yang cocok bagi usaha toko obat adalah di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas manusia dan berada di pusat keramaian orang. Jika lokasi rumah anda berada di pinggir jalan yang ramai maka anda bisa buka usaha apotik mini di depan rumah. Sehingga menghemat biaya modal sewa lokasi.

Membuat Surat Ijin Usaha

Supaya usaha toko obat dan apotik anda berjalan secara lancar dan tanpa ada gugatan pihak lain maka anda harus secepatnya mengurus surat ijin usaha apotik. Sehingga bisnis apotik mini anda legal di mata hukum.

Demikianlah peluang bisnis mendirikan toko obat dan apotik mini. Semoga memberikan manfaat apa yang saya tulis selama ini.

loading...
Peluang Bisnis Mendirikan Toko Obat dan Apotik | penulis | 4.5