Peluang Usaha Ternak Rumahan dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Ternak Rumahan dengan Modal Kecil –  Berbagai peluang usaha yang menjanjikan ada di desa dan kota. Bahkan beberapa jenis usaha sangat menguntungkan dan cocok dijalankan di daerah pedesaan terpencil. Seperti usaha beternak kambing, domba, sapi, ayam, cacing, semut, jangkrik dan lain sebagainya. Jangan dibilang keuntungannya sepele, justeru dari usaha peternakan di desa bisa untung besar. Seperti yang dialami beberapa pengusaha ternak sapi dan domba di Bogor yang bisa naik haji dan beli rumah dan mobil mewah.

Peluang Usaha Ternak Rumahan dengan Modal Kecil

sumber:pixabay.com

Peluang Usaha Ternak Rumahan dengan Modal Kecil

Lalu yang menjadi pertanyaan apa saja jenis usaha di bidang peternakan yang menguntungkan dijalankan di desa secara rumahan dengan modal kecil? Banyak sekali. Untuk lebih jelas, berikut ini kumpulan peluang usaha ternak rumahan dengan modal kecil yang sangat menjanjikan bagi pemula, antara lain :

1.Usaha beternak ayam

Di desa penulis ada lima buah gerai usaha beternak ayam potong. Jarak antara satu gerai usaha dengan gerai usaha lain saling berdekatan. Namun semua gerai usaha ternak ayam potong laris manis diserbu para pembeli. Terutama waktu menjelang hari raya lebaran dan pada waktu bulan Ramadhan. Ada dua jenis ayam yang biasanya di ternakkan oleh para peternak yaitu ayam potong negeri dan ayam petelur.

2.Usaha beternak burung

Salah seorang kerabat penulis yang bernama Akbar membuka usaha beternak burung. Adapun jenis burung yang ia ternakkan antara lain lovebirds, perkutut, murai batu dan lain sebagainya. Kunci sukses usaha ternak burung yang sedang populer adalah telaten dan rajin dalam memelihara burung dengan penuh kecintaan. Pangsa pasar usaha beternak burung sangat besar mengingat jumlah penggemar burung di tanah air sangat besar baik di kota ataupun di desa.

3.Usaha  beternak ikan lele

Bisnis beternak ikan lele masih menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan sebab pangsa pasar yang sangat luas. Anda tidak akan kesulitan dalam menjual ikan lele yang sudah siap panen. Setiap orang menyukai kuliner lele baik digoreng atau dipepes. Selain itu, anda bisa mengolah lele dan menjualnya ke gerai usaha pecel lele kaki lima.

4.Usaha Ternak blog

Peluang usaha ini sangat cocok dijalankan di wilayah desa maupun kota. Karena modal usaha yang dibutuhkan sangat kecil. Jika anda kesulitan untuk memelihara burung atau hewan ternak karena makhluk hidup maka anda bisa buka usaha ternak blog. Harga satu buah blog ada harganya minimal Rp 50 ribu. Semakin banyak blog yang anda miliki semakin kaya anda. Untuk mempunyai blog hingga ribuan sangat mudah, anda bisa membuatnya di blogspot yang gratisan.

5.Usaha beternak kambing

Ini adalah peluang usaha kerja sampingan yang dilakukan oleh mertua dan tetangga penulis yaitu membuka usaha ternak kambing. Modal usaha yang dibutuhkan relatif nol persen. Sebab modal usaha bibit kambing didapatkan dari investor setempat. Setelah kambing bernak pinak, maka masing-masing mendapatkan satu anak. Untuk menjual kambing sangat mudah, para pengepul datang langsung ke peternakan kambing.

6.Usaha beternak sapi

Ini adalah salah satu jenis peluang usaha yang membutuhkan modal besar yaitu budidaya sapi. Namun jika anda ingin membuka bisnis ternak sapi tanpa modal bisa juga. Caranya dengan memelihara sapi milik investor sehingga beranak pinak. Dan sobat kebagian satu anak sapi. Cara lain sobat bisa mendapatkan bantuan modal usaha gratis dari pemerintah berupa bibit sapi. Benih sapi dirawat hingga beranak pinak. Apabila sudah beranak maka anda mendapatkan anak sapi. Sedangkan bibit sapi dikembalikan pada pemerintah.

Demikianlah peluang usaha ternak rumahan dengan modal kecil. Bagaimana anda tertarik menjalankan bisnis budidaya ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat? Jika iya maka wujudkanlah mimpi anda jadi kenyataan. Dimulai dari hal kecil. Sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil.

Baca juga :

Bagaimana Menjawab Apabila Calon Konsumen berkata, Kok Mahal

loading...
Peluang Usaha Ternak Rumahan dengan Modal Kecil | penulis | 4.5