Pembiayaan Usaha Gratis Dari Baitul Maal

Pembiayaan Usaha Gratis Dari Baitul Maal – Jumlah usaha kecil dan mikro serta menengah di Indonesia terus bertambah. Sekarang telah ada usaha mikro kecil dan menengah di tanah air sebanyak lebih dari 51,26 juta. Jumlah tersebut diprediksikan akan terus bertambah seiring peningkatan ekonomi bangsa dan negara Indonesia. Menurut data dari Kementerian Koperasi bahwa usaha mikro kecil dan menengah merupakan jenis usaha yang tahan krisis dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di level bawah hingga ke atas. Namun perhatian pemerintah terhadap usaha kecil masih harus terus ditingkatkan agar usaha kecil tersebut mampu berkembang pesat dan maju.

Pembiayaan Usaha Gratis Dari Baitul Maal

Pembiayaan Usaha Gratis Dari Baitul Maal

Setiap para pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentu membutuhkan pembiayaan agar usahanya dapat berjalan dan berkembang. Bagaimananapun pembiayaan usaha sangat penting. Peran pembiayaan usaha telah dijalankan oleh perbankan di tanah air baik itu perbankan syariah maupun konvensional. Namun pembiayaan usaha dari bank syariah lebih banyak keuntungannya dibandingkan pembiayaan usaha dari perbankan konvensional yang menggunakan sistem bunga.

Fungsi bank sebagai penyedia pembiayaan usaha bagi skala usaha mikro kecil dan menengah belum dirasakan sepenuhnya oleh para pelaku usaha. Kenyataan di lapangan fasilitas bank berupa pembiayaan usaha hanya digulirkan untuk usaha-usaha yang telah mapan. Adapun para pelaku usaha mikro dan kecil serta menengah seperti para pedagang kaki lima dan para pedagang dj pasar tradisional sangat kesulitan mendapatkan akses pembiayaan modal usaha dari bank. Hal ini disebabkan prosedur bank yang mensyaratkan sebuah usaha memiliki aset dan administrasi yang jelas.

Pembiayaan Usaha Gratis Dari Baitul Maal
Jumlah usaha kecil mikro dan menengah di Indonesia lebih besar jumlahnya dibandingkan usaha skala besar. Dan penyerapan tenaga kerja di sektor usaha UKM sangat besar sehingga berpotensi sekali dalam mengurangi pengangguran dan kemiskinan di tanah air. Sehingga perlunya perhatian pembiayaan usaha di sektor riil ini. Namun sayang bank memandang sebelah mata sektor riil ini dengan alasan tidak layak dalam mendapatkan pembiayaan usaha dari bank formal.

Sulitnya para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UKM) mendapatkan fasilitas pembiayaan usaha dari bank formal membuat mereka mencari alternatif lain. Tak jarang mereka terjebak dalam rentenir-rentenir, koperasi simpan pinjam, rentenir yang berkedok bank gelap dan lain sebagainya. Bunga dari lembaga pembiayaan informal tersebut cukup tinggi dibanding bunga bank. Sehingga tak jarang mereka menanggung utang yang berkali-lipat. Sedangkan dalam hukum islam, bunga bank atau riba merupakan sesuatu yang haram. Sehingga muncullah sebuah unit usaha pembiayaan yang halal dan islami yakni baitul mall wat tamwil.

Meminjam uang di baitul maal wat tamwil tidak memerlukan persyaratan yang rumit dan jumlah pinjaman uang tidak dibatasi dan mudah dalam pencairannya. Baitul maal wat tamwil disingkat BMT disebut juga lembaga pembiayaan usaha gratis yang menyediakan fasilitas peminjaman uang bagi pengembangan usaha kecil mikro dan menengah.

Demikianlah pembiayaan usaha gratis dari Baitul Maal. Semoga bermanfaat. Dan salam sukses.

Baca juga :

Kredit Tanpa Jaminan Untuk Usaha

Incoming search terms:

syarat pengajuan pinjaman di bmt (59) - pinjam modal di bmt (52) - syarat meminjam uang di bmt (51) - modal usaha bmt (46) - lembaga penyedia dana hibah (41) - cara pinjam uang di bmt syariah (28) - syarat mengajukan pinjaman di bmt (24) - penyedia modal usaha (20) - cara pinjam uang di bmt (19) - cara meminjam uang di bmt (16) - pinjam uang di bmt (16) - syarat pinjaman di bmt (16) - pinjaman bmt (16) - Pinjaman di BMT (10) - syarat pinjam uang di bmt (10) - bunga pinjaman di bmt (9) - cara peminjaman di bmt (9) - meminjam modal usaha di bmt (9) - persyaratan pinjam uang di bmt (9) - pinjaman modal usaha bmt (8) -
loading...
Pembiayaan Usaha Gratis Dari Baitul Maal | Author | 4.5