Pengalaman Suka Duka Membuka Usaha dan Bisnis

Pengalaman Suka Duka Membuka Usaha dan Bisnis – Tulisan ini dibuat atas kisah nyata penulis yang merintis membua suatu bisnis dan usaha. Usaha telah berjalan selama enam bulan. Dan bisa dibilang masih bayi. Disebut usaha es krim karena bukan melayani banyak orang. Karena produk buata orang lain. Tugas penulis hanyal memasarkan di lingkungan terdekat.
Pengalaman Suka Duka Membuka Usaha dan Bisnis
Suka duka bisnis es krim banyak ragamnya. Seperti para pemilik kantin dan warung yang menolak dititipi es krim buatan penulis. Ada banyak alasan yang dibuatnya seperti produk es krim sudah ada dan banyak di pasaran, sudah banyak produk pesaing serupa, produk es krim tak akan laku, dan alasan lain yang dibuat-buat, kalau begini penulis tak memaksa.

Jauh-jauh penulis datang ke suatu warung dan kantin dekat sekolah tapi ditolak. Tapi itu resiko membuka sebuah usaha dan pemasaran. Penolakan pasti akan diterima. Namun dari sekian banyak penolakan pasti ada satu warung dan kantin yang menerima produk es krim penulis dengan sistem konsinyasi.

Dan hal yang membuat penulis lesu tatkala para pemilik warung dan kantin memutuskan untuk berhenti langganan es dari penulis. Dan ini dialami penulis. Kalau begitu omset perhari pun semakin menipis. Inilah yang membuat anda harus terus menerus menambah para pelanggan bisnis anda. Supaya mengcover para pelanggan yang berhenti total dengan alasan berbagai macam. Seperti produk kurang laku karena bosan, libur jualan es krim dll.

Kalau begini rasanya ingin bekerja kembali sebagai karyawan yang tanpa perlu memikirkan untung rugi perusahaan. Tapi umur sudah tua sudah tak bisa bekerja lagi. Hanyalah berdoa kepada Allah SWT yang bisa dilakukan. Inilah resiko ruginya menjadi orang miskin dimana harus banting tulang untuk mendapatkan uang.

Pengalaman Suka Duka Membuka Usaha dan Bisnis

Untuk membuka sebuah usaha atau bisnis memang tidak mudah. Ada banyak pesaing yang suatu waktu usaha bisa bangkrut. Seperti yang dialami oleh perusahaan sale pisang ambarsari yang penjualan lesu. Dan bayar gaji pegawai setiap bulan harus dibayar. Mengerikan membuka bisnis laksana perang liar tanpa aturan. Kalau tak terbunuh maka anda terbunuh oleh pesaing.

Saya kira seperti yang diungkapkan oleh Robert T Kiyosaki bahwa seseorang tidak cukup mempunyai satu bisnis dan usaha. Seseorang mesti mempunysi banyak bisnis dan usaha. Jika satu bisnis mengering pemasukan maka anda masih mempunyai bisnis dan usaha lain yang mampu memberikan penghasilan yang cukup besar.

Bacca juga :

Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan, Mudah Dilakukan Dan Laris

Hidup memang tidak mudah. Hal itu diungkapkan oleh dosen penulis. Banyak orang yang mengalami kesilitan ekonomi di Indonesia. Sehingga banyak pasangan suami isteri bercerai. Lalu banyak tindakan tak terpuji lainnys dengan alasan uang atau ekonomi. Hal tersebut telah berlaku sejak jaman dulu hingga saat ini.

Lebih enak kayaknya menjadi pegawai negeri sipil atau bekerja di perusahaan mapan raksasa. Tapi tetap sama menjadi seorang karyawan tidak bebas. Dan kadang gaji tidak mencukupi. Yang tepat adalah menjadi pengusaha kaya raya yang cepat sukses. Sehingga pendapatan diputar jadi pengfhasilan pasif dengan minim resiko.

Hidup memang terasa sulit. Tapi jangan pernah menyerah. Kebanyakan orang sukses memiliki sifat pantang menyerah. Jika anda menyerah berarti anda telah gagal. Walaupun jualan es sepi tetap harus semangat menjual es dan memasarkan. Suatu waktu pasti ada jalan keluar. Perbaiki kesalahan anda baik pada produk maupun pelayanan dan cara kerja. Pengalaman Suka Duka Membuka Usaha dan Bisnis.

loading...
Pengalaman Suka Duka Membuka Usaha dan Bisnis | penulis | 4.5