Rahasia Sukses Berbisnis dan Dagang Ala Rasulullah SAW

Rahasia Sukses Berbisnis dan Dagang Ala Rasulullah SAW– Jika ditilik sejarah Rasulullah SAW maka akan terungkap bahwa beliau pada mulanya seorang pedagang. Awalnya ia memulai usaha beternak kambing dan domba. Kemudian ikut bergabung dengan kafilah Siti Khadijah Binti Khuwailid dalam bisnis dan perniagaan. Ternyata usaha perdagangan Nabi Muhammad SAW selalu menguntungkan dan laris manis. Yang membuat keuntungan sang majikan atau bos Siti Khadijah ikut juga naik.

Rahasia Sukses Berbisnis dan Dagang Ala Rasulullah SAW

sumber : pojokbisnis.com

Rasulullah SAW engkau begitu mulia. Aku rindu padamu. Rasulullah SAW merupakan suri tauladan kita. Sebagaimana Allah SWT berfirman : Telah ada pada diri Rasul suri teladan yang baik. Contoh teladan Nabi Muhammad SAW sangat banyak. Bahkan sikap beliau diibaratkan adalah al quran yang berjalan. Beliau sejak muda mendapatkan gelar al amin atau dapat dipercaya. Karena seumur hidup ia tidak pernah berkata dusta atau bohong. Ia selalu menunaikan amanat secara benar.

Dan berdasarkan riwayat yang sahih bahwa Rasulullah SAW seorang pedagang. Ia membawa barang dagangan dari Mekah untuk dijual ke negeri Syam. Lalu dari negeri syam membawa barang dagangan untuk dijual di Mekah. Begitu seterusnya. Kalau bisa disebut beliau juga seorang pengusaha karena memiliki banyak pembantu. Dari hasil perdagangan tersebut membuat beliau kaya raya selagi muda. Walaupun beliau hidup sederhana.

Lalu apa yang membuat perdagangan Rasulullah SAW menguntungkan? Padahal ada banyak pedagang lainnya. Ternyata hal tersebut tak terlepas dari sikap Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu bersikap sopan, murah senyum, dapat dipercaya dan lain-lain. Sedangkan pedagang lain ada kalanya berkata bohong. Sehingga para calon pembeli lebih memilih untuk membeli barang dagangan Rasulullah SAW.  Hal ini membuat barang jualan Nabi Muhammad SAW selalu habis atau laris.

Rahasia Sukses Berbisnis dan Dagang Ala Rasulullah SAW

Dari sinilah jelas bahwa seorang muslim yang memilih untuk menjadi pedagang seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW harus bersikap seperti beliau jika ingin sukses. Selalu berkata benar, jujur, murah senyum, ramah dan dapat dipercaya. Sehingga konsumen merasakan puas atas pelayanan yang diberikan. Yang berakibat menjadi pelanggan tetap. Nabi Muhammad SAW dagangannya selalu habis dikarenakan sudah banyak pelanggannya yang sudah terbentuk di berbagai daerah.

Rasulullah SAW bukan memberikan contoh kepada kita bagaimana menjalankan ajaran agama Islam secara baik dan benar serta kaffah tapi juga mengajarkan cara bedagang yang benar. Bahwa jika ingin kaya maka tekuni bisnis dan wirausaha. Hampir semua sahabat Rasulullah SAW adalah kalangan pengusaha yang mampu menciptakan banyak lapangan kerja bagi orang lain. Pendek kata, sebagian hidup Rasulullah SAW selagi muda dihabiskan selama20 tahun lebih untuk kegiatan berdagang mencari uang. Hal ini sesuai sabda beliau bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

Sejak usia 12 tahun, Rasulullah SAW sudah belajar cara berdagang dan menghasilkan uang. Kalau umur 12 tahun saat ini duduk dibangku kelas satu smp. Sehingga sejak muda seseorang harus dilatih untuk belajar bisnis dan wirausaha. Untuk menjadi pribadi mandiri. Seorang siswa atau pelajar yang membuka usaha sendiri. Sehingga ketika ia lulus sekolah tidak mencari kerja. Sebab ia sudah mempunyai penghasilan dari bisnisnya yang kian hari kian besar. Hal ini menjadi tanggung jawab orangtua untuk mendidik anaknya menjadi wirausahawan sukses sejak muda.

Artikel lain :

Cara Menjadi Dropshipper Yang Sukses

Dan berdasarkan fakta, ia sukses berdagang hingga menguasai pusat pasar-pasar di kala masanya. Marilah kita belajar menjadi pengusaha dan pedagang dari Rasulullah SAW. Dengan cara bersikap seperti beliau yaitu dapat dipercaya, jujur, berkata benar, ramah, murah senyum dan lain sebagainya. Beliau tidak pernah menipu. Justeru apa yang dilakukan untuk mendapatkan keridhioan Allah SWT disamping uang. Beliau selalu menjaga citra baik dari usaha dagangnya. Sehingga banyak pelanggan dari hari ke hari. Karena kepuasan layanan yang diberikan oleh Rasulullah SAW. Teknik promosi usaha dari mulut ke mulut pun berjalan sukses dan menguntungkan orang baik.

Baca :

Jenis Usaha Ternak Paling Laris, Menguntungkan dan Mudah

Dari tulisan di atas jelas bahwa Nabi Muhammad tidak memproduksi produk buatan sendiri. Ia berdagang produk orang lain. Demikian Rahasia Sukses Berbisnis dan Dagang Ala Rasulullah SAW. Anda bisa mempraktekan supaya dagang anda sukses. Selamat mencoba!

loading...
Rahasia Sukses Berbisnis dan Dagang Ala Rasulullah SAW | penulis | 4.5