Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Potong

Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Potong – Apakah anda sudah mengenal ayam potong? Yaitu ayam yang dipotong untuk diambil daging. Biasanya disebut ayam broiler atau ayam pedaging. Usaha beternak ayam potong sudah populer di pedesaan dan menjadi primadona. Sangat mudah kita temukan gerai peternakan ayam potong di desa secara mandiri maupun kemitraan.

Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Potong

Sumber:ternakpertama.com

Mengapa bisnis beternak ayam potong sangat menjanjikan dan menguntungkan saat ini? Disebabkan permintaan akan daging ayam yang terus meningkat pesat setiap hari. Anda tidak akan kesulitan untuk menjual dan memasarkan daging ayam. Anda bisa menjual ayam potong ke warung, pedagang keliling, supermarket, konsumen yang datang langsung dan lain sebagainya.

Baca :

Sukses Usaha Jualan Bakso Malang Omset Rp 100 Juta Perbulan

Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Potong

Anda bisa membuka bisnis ternak ayam potong secara sampingan dan rumahan. Sekarang yang menjadi pertanyaan berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha budidaya ayam potong?  Untuk lebih rinci, berikut ini rincian biaya modal usaha ternak ayam potong yang perlu anda ketahui, antara lain :

Bibit

Anda terlebih dahulu harus menentukan skala usaha. Daftar harga bibit ayam potong siap ternak terkini sebesar Rp 5000 per ekor . Jika membuka usaha ternak ayam potong skala besar dengan kapasitas 5000 ekor maka modal uang yang dibutuhkan untuk pembelian bibit ayam sebesar Rp 25 juta.

Kandang Ayam

Untuk membuat kandang ayam disesuaikan dengan jumlah ayam potong yang hendak diternakkan. Sebagai patokan satu meter persegi kandang bisa muat delapan ekor ayam. Lebih luas tentu lebih bagus karena ayam lebih leluasa bergerak. Sediakan pula ventilasi udara yang baik dan arah kandang tersinari panas matahari di pagi hari. Karena ini berguna untuk kesehatan ayam potong. Anda bisa membuat kandang ayam secara sendirian atau mempekerjakan tenaga upah harian.

Peralatan

Untuk peralatan dan perlengkapan usaha meliputi tempat makan ayam, tempat minum ayam, tempat bertengger ayam, alas kandang ayam, lampu penerangan dan lain-lain. Anda bisa membelinya di toko pakan ayam.  Modal uang yang harus dikeluarkan untuk membeli alat ini sekitar Rp 9 juta.

Kunci sukses usaha ternak ayam potong adalah ketekunan dan sifat pantang menyerah serta terus belajar. Mungkin anda mengalami beberapa ayam potong mati. Anda harus belajar kenapa ayam sampai mati? Bisa karena penyakit, suhu sangat dingin atau karena dimakan pemangsa? Jika masalah ayam mati diketahui penyebab dan solusinya maka berjalan waktu usaha ternak ayam potong sobat akan sukses di masa kini dan mendatang.

Apabila anda tidak mempunyai modal uang yang mencukupi untuk membuka usaha ternak ayam potong maka anda bisa mengajukan pinjaman uang ke anggota keluarga hingga ke bank. Atau anda bisa menjual aset yang anda miliki. Untuk meminjam modal usaha ke bank sangat tidak dianjurkan karena adanya beban bunga yang harus ditanggung serta adanya jaminan.

Lebih baik anda menggunakan sumber daya yang ada misalkan anggota keluarga yang kaya untuk dimintakan bantuan modal dengan melampirkan contoh proposal usaha ternak ayam potong beserta persentase keuntungan.

Demikianlah rincian biaya modal usaha ternak ayam potong. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Untuk artikel mendatang, penulis akan mengupas tentang sukses usaha jualan bakso malang omset Rp 100 juta perbulan. Jika anda kesulitan untuk memasarkan usaha ternak ayam maka anda bisa mengolah ayam potong untuk dijadikan ayam goreng, fried chicken, dan daging bakso. Untuk buka bisnis jualan bakso malang, klik di sini : Resep Paket Usaha Bakso Malang Profit Bersih 60 Persen.

loading...
Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Potong | penulis | 4.5