Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat – Salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan untung besar adalah bisnis dalam bidang peternakan. Seperti usaha ternak sapi, kambing, domba, ikan, lele, ayam, bebek dan lain sebagainya. Namun untuk meraih sukses dalam bidang peternakan tidaklah mudah. Seseorang mesti memerlukan sikap sabar dan pantang menyerah. Karena bisnis ini menguntungkan setelah beberapa tahun mendatang. Tapi ada beberapa jenis hewan yang diternakkan bisa untung dalam waktu cepat.
Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat
Kunci sukses usaha peternakan seperti ternak ikan adalah sabar. Seperti yang dialami oleh penulis yang hendak mencoba membuka usaha ternak ikan nila. Ternyata ikan nila panennya cukup lama. Pendek kata, tidak ada usaha ternak hewan yang langsung untung besar dalam waktu dua minggu. Semua perlu proses waktu minimal satu bulan sudah untung dari usaha peternakan binatang. Semua jenis hewan apapun seperti lele, belut, kambing, domba, ikas mas kumpai, ikan nila, mujaer, gurame, sapi dll membutuhkan waktu lebih dari satu bulan untuk bisa panen.

Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Salah seorang rekan penulis menceritakan kegembiraanya bisnis ternak domba. Ia membeli domba seharga Rp 2 juta. Kemudian dombat tersebut digembalakan sehari-hari. Dalam satu bulan ada salah seorang pria yang menawar harga domba tersebut dengan harga Rp 2,5 juta. Dalam satu bulan, rekan penulis itu bisa memperoleh untung bersih sebesar Rp 500 ribu perbulan. Lumayan bukan dari satu ekor domba?!

Siapa bilang bisnis ternak hewan tak menguntungkan di lahan sempit. Usaha peternakan hewan dapat dijalankan di pedesaan dan kota. Bisa dijalankan secara rumahan atau industri skala besar. Dapat dilaksanakan secara rumahan dan sampingan. Dan bisa dilakukan di lahan sempit apalagi yang luas. Namun usaha ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu cepat ini sangat cocok dijalankan di wilayah desa karena sumber daya alam sangat mendukung. Seperti pakan alami yang tersedia banyak sekali, lahan luas dan lain sebagainya.

Jadi, pikirkan kesalahan anda bahwa tak ada usaha ternak yang cepat panen dalam satu bulan. Semua itu kalau anda berpikir cermat dan cerdas. Memang sih ada beberapa jenis hewan ternak yang bisa dipanen dalam satu bulan. Namun kebanyakan tak bisa dipanen dalam kurun waktu tersebut. Mayoritas hewan ternak baru dapat dipanen lebih dari satu bulan sampai tahunan.

Kalau di desa penulis ada beberapa hewan yang sudah biasa diternakkan di samping rumah. Namun usaha peternakan hewan skala rumah tangga atau rumahan yang dijalankan secara sampingan dan menggunakan kandang ala kadarnya. Bahkan mertua penulis hendak merenovasi kandang kambing dan sapi dengan biaya modal Rp 2 juta.

Inilah peluang usaha ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat yang biasa penulis dapati di kampung terpencil, yaitu:

Ternak Sapi

Usaha peternakan sapi sudah terbiasa saya lihat di desa. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Modal usaha yang dibutuhkan lumayan besar ketimbang ternak domba. Tapui keuntungannya pun juga lebih besar. Rincian modal usaha ternak sapi, antara lain pembuatan kandang seharga Rp 2 juta, bibit sapi unggul seharga Rp 5 juta, biaya pakan dan vitamin seharga Rp 400 ribu. Jadi modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak sapi dalam jumlah satu ekor sebesar Rp 7,4 juta.

Usaha ternak sapi mengalami masa laris manis ketika menjelang idul adha atau hari kurban. Sapi biasanya diambil mafaat daging dan ati serta susunya. Pendek kata,anda tidak pernah rugi beternak sapi. Kuncinya adalah telaten dalam merawat sapi. Resiko kerugian memang ada yaitu jika sapi mengalami penyakit anthraks lalu mati. Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Baca :

Analisa Usaha Beternak Lele Dumbo

Incoming search terms:

ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat (15) -
loading...
Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat | penulis | 4.5