Usaha Cafe Mini Modal Kecil Untung Besar

Usaha Cafe Mini Modal Kecil Untung Besar – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bisnis kafe. Usaha ini sudah tersebar kemana-mana. Dari daerah kota sampai pelosok desa yang terpencil dan sedang berkembang. Adapun skala usaha cafe ada kelas restoran, menengah hingga skala kecil atau mini yang sederhana dan rumahan. Namun untuk memulai bisnis cafe tidaklah mudah. Diperlukan beberapa persiapan seperti rincian modal usaha cafe sederhana.
Usaha Cafe Mini Modal Kecil Untung Besar
Jika anda mau membuka usaha cafe maka itu langkah tepat. Karena bisnis ini merupakan jenis usaha non musiman dan dibutuhkan setiap manusia tiap hari. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah modal usaha uang, peralatan, lokasi usaha, karyawan dll. Untuk besaran modal usaha berupa uang yang dibutuhkan untuk buka cafe minimalis yang sederhana relatif kecil.

Apabila kita teliti lebih jauh, usaha cafe sangat mudah kita temukan di berbagai sudut kota dan desa. Mereka mengusung konsep kafenya dengan unik dan berbagai macam. Misalkan cafe angkringan nasi kucing, cafe kopi, cafe gorengan, cafe minuman ice blend, cafe makanan ringan, cafe lesehan, kafe mini konsep waralaba dan franchise, cafe rumahan modal kecil, kafe kaki lima, cafe gaul tenda dan lain sebagainya.

Adapun pengertian cafe mini yang sederhana adalah sama sebagaimana restoran atau rumah makan. Yakni sebuah tempat untuk makan dan minum. Namun ukuran yang lebih kecil dengan konsep unik yang membuat betah pengunjung. Adapum menu makanan dan minuman cafe bisa beragam. Namun biasanya terbatas atau tidak selengkap di restoran. Harga jual menu makanan dan minuman di cafe sederhana juga cukup murah dan terjangkau bagi semua orang. Hal ini tak terlepas dari target pasar cafe adalah kalangan anak muda yang mempunyai modal keuangan terbatas.

Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis cafe kecil kecilan maka segera lakukan perencanaan usaha yang meliputi letak cafe, menu andalan cafe, rincian modal usaha dll. Jika anda tidak mempunyai modal uang untuk bisnis cafe maka bisa membuat proposal usaha cafe mini sederhana. Dengan bekal itu, anda bisa mengajukan proposal usaha cafe mini ke sanak kerabat, investor dan lembaga pemerintah serta swasta untuk memperoleh dana hibah gratis atau pinjaman lunak.

Usaha Cafe Mini Modal Kecil Untung Besar

Berikut ini rincian modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka usaha bisnis cafe, antara lain :

Lokasi Kafe Mini

Untuk lokasi usaha cafe tentu harus berada di daerah strategis. Seperti  pinggir jalan yang ramai, dekat kampus, dekat kantor, sekitar terminal, mall, stasiun, sekolah dll. Apabila anda mempunyai lahan tersebut patut bersyukur. Seperti penulis yang memiliki lahan strategis di pinggir jalan desa yang ramai dan di pinggir jalan raya besar yang cukup ramai dengan pemansaangan hamparan sawah asri.

Fasilitas Lengkap

Apa yang membedakan usaha cafe jaman dulu dengan usaha cafe jaman sekarang? Banyak sekali. Terutama dari fasilitas. Jika dulu bisnis cafe hanya menyediakan tempat karaoke atau cd player maka sekarang sudah disetai fasilitas lengkap sekali yang meliputi televisi layar vbesar, musik, tempat duduk yang nyaman, wifi gratis, dan lainnya.

Sediakan juga fasilitas tempat duduk yang nyaman yang terbuat dari bambu yang unik atau potongan batang pohon besar yang sangat menarik. Jika menggunakan konsep cafe lesehan maka pastikan view pemandangan di sekeliling tampak indah berupa hamparan sawah yang alami.

Disebabkan modal uang anda terbatas maka menu kuliner yang disajikan juga bisa terbatas disesuaikan dengan modal. Seperti menyediakan makanan dan minuman ringan, menyediakan aneka gorengan yang lezat dan nikmat, menu pisang goreng es krim, rujak es krim dll. Pastikan menu kuliner yang disajikan mempunyai rasa yang enak dan kualitas yang baik dan segar. Berikan nama yang unik dan menarik dari menu makanan dan minuman yang disediakan di kafe anda. Selanjutnya pasang reklame atau papan iklan yang menunjukkan keberadaan bisnis cafe unik milik anda.

Hal yang paling penting dalam sebuah usaha cafe adalah karyawan. Karena bisnis cafe anda masih dalam tahap awal atau merintis sehingga sobat bisa menjadi karyawan dulu. Seiring bertambah besar omset dan penghasilan usaha maka bisnis cafe bisa merekrut tenaga karyawan baru yang dibutuhkan sesuai spesifikasi yang ada. Misalnya anda membutuhkan juru masak yang handal untuk di cafe ataupun pelayan dan pengantar makanan. Jadi sekarang tugas sobat merangkak karyawan sekaligus menjadi manager yakni mengontrol, mengawasi dan mengembangkan usaha cafe hingga mempunyai beberapa cabang di seluruh Indonesia.

Dan terakhir tips sukses untuk membuka usaha cafe mini sederhana adalah memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen. Selain itu, berikanlah harga menu makanan dan minuman dengan harga lebih murah dari pesaing. Usaha Cafe Mini Modal Kecil Untung Besar

loading...
Usaha Cafe Mini Modal Kecil Untung Besar | penulis | 4.5