Usaha Sampingan Mahasiswa Menanam Sayuran

Usaha Sampingan Mahasiswa Menanam Sayuran – Sayur-sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia sebagai menu makanan pendamping nasi. Mengkonsumsi sayur-sayuran terbukti baik dan sehat bagi tubuh. Sebab sayur-sayuran mengandung vitamin, mineral, kalsium dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu dengan rutin memakan sayuran akan lebih meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Usaha Sampingan Mahasiswa Menanam Sayuran

Usaha Sampingan Mahasiswa Menanam Sayuran

Kebutuhan yang tinggi terhadap sayur-sayuran terjadi di Indonesia. Permintaan masyarakat terhadap sayur-sayuran senantiasa ada sebagai menu makanan setiap hari. Untuk mendapatkannya para pembeli membeli di pasar-pasar tradisional, para pedagang sayur yang pakai gerobak ataupun sepeda motor, warung sayuran, dll. Hal ini wajar karena bisnis sayur-sayuran termasuk ke dalam usaha bidang kuliner yang senantiasa dibutuhkan setiap orang selama ia masih hidup di muka bumi.

Peluang usaha inilah yang coba penulis ungkapkan yakni peluang usaha menanam sayuran baik di lahan luas maupun di lahan sempit nan terbatas seperti pot. Adapun sayur-sayuran yang bisa di tanam di media tersebut antara lain tomat, cabe merah, cengek, wortel, engkol, jahe, dan lain sebagainya. Walaupun jika di tanam tanaman tersebut di lahan luas maka hasilnya akan lebih maksimal. Namun di lahan sempit seperti pot pun hasilnya dapat maksimal asalkan mengetahui teknik-teknik dalam bercocok tanam yang baik.

Usaha Sampingan Mahasiswa Menanam Sayuran

Di kota-kota besar lahan yang luas sulit untuk didapatkan. Namun usaha ini tidak memerlukan lahan yang luas. Lahan tanah yang sempit pun, seseorang bisa menjalankan bisnis menanam sayuran. Sehingga fungsi tanah dapat maksimal sekecil apapun. Apalagi lahan yang luas tentu dapat lebih maksimal lagi. Setelah musim panen, maka hasil pertanian tersebut dapat dikonsumsi sendiri maupun dijual di pasaran umum.

Salah satu hasil pertanian yang menjadi primadona sekarang ini adalah cabe merah. Harga cabe merah ini pernah mengalami kenaikan hingga Rp.110 ribu perkilo. Banyak petani kaya raya dari usaha menanam cabe merah di lahan satu hektar. Bayangkan satu kali panen, seorang petani cabe merah bisa menghasilkan keuntungan bersih sebesar Rp.150 juta perbulan. Sekali lagi dengan menanam cabe di pot atau kebun maka dapat dikonsumsi sendiri hasilnya atau dijual kepada pengepul sebagai penghasilan tambahan dan sampingan.

Sementara itu, media pot untuk bertanam cabe sebenarnya bisa diganti dengan barang-barang bekas seperti ember yang sudah tidak terpakai, bekas kaleng kue, bekas kaleng cat, bekas kemasan botol air mineral dll. Pertama-tama untuk menjalankan usaha ini adalah memilih benih cabe yang sehat dan matang. Sayat buah cabe lalu ambil biji-bijinya yang kemudian dijemur selama dua atau tiga hari tanpa harus terkena sinar matahari.

Kemudian biji-biji cabe direndam dalam air hangat dalam waktu sehari satu malam. Setelah itu ambil biji cabe yang mengapung dan buang. Itu merupakan benih cabe yang gagal. Lalu biji cabe lainnya diletakkan satu persatu pada pot-pot yang sudah diberi tanah dan pupuk hewani.

Itulah cara singkat usaha sampingan mahasiswa menanam sayuran. Usaha ini sebenarnya bisa juga dijalankan oleh seorang karyawan, ibu rumahtangga dan pelajar yang memiliki waktu luang seusai beraktifitas.

Baca Juga :

Usaha Sampingan Mudah Bagi Mahasiswa

Incoming search terms:

usaha berkebun (23) - usaha menanam sayuran (21) - lahan sempit untung besar (19) - bisnis berkebun (13) - usaha sayuran di lahan sempit (12) - usaha tanaman sayuran (11) - usaha tanaman sayur dalam pot (10) - bisnis menanam sayuran (8) - bisnis menanam sayur (8) - peluang usaha bercocok tanam (7) - usaha budidaya sayuran (7) - usaha tanaman sayur (6) - usaha tanam sayur (6) - usaha sampingan menanam sayuran (5) - bisnis berkebun sayuran (5) - usaha bercocok tanam dengan untung besar (5) - Usaha sayuran (5) - bisnis tanaman sayuran (5) - usaha berkebun sayur (4) - menanamsayuran rumahan (4) -
loading...
Usaha Sampingan Mahasiswa Menanam Sayuran | Author | 4.5